Kapan Perlu Diwaspadai Saat Nafas Bayi Grok-Grok?

Kapan Perlu Diwaspadai Saat Nafas Bayi Grok-Grok?

Comments Off on Kapan Perlu Diwaspadai Saat Nafas Bayi Grok-Grok?

Nafas si kecil grok-grok? Baca saran berikut dan tetap waspada bila kondisi disertai berbagai gejala.

Mungkin bunda adalah salah satu  dari sekian orangtua yang sangat riau dengan suara nafas bayi yang berbunyi grok-grok.

Seringkali para orangtua beranggapan bahwa nafas bayi berbunyi grok-grok disebabkan oleh dokter yang tidak bersih pada saat menyedot lendir bayi pada saat bayi baru lahir. Sebagian bahkan mengatakan bahwa bayi meminum air ketuban dan sisanya tidak dibersihkan dengan baik.

Sudah sepantasnya kita sebagai orangtua waspada dengan kondisi bayi kita, tetapi kita tetap harus berpikir logis dan rasional dan tidak terkecoh dengan mitos dan segala anggapan masyarakat tersebut.

Mengapa Nafas Bayi Berbunyi Grok-grok?

Pada bayi yang sehat, umumnya nafas yang berbunyi grok-grok biasanya disebabkan karena produksi lendir yang meningkat pada saluran pernafasan.

Peningkatan produksi lendir biasanya terjadi karena infeksi virus, debu, atau benda asing yang masuk ke saluran pernafasan. Hal tersebut normal dialami oleh manusia baik masih bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

Suara grok-grok yang keras juga disebabkan karena saluran pernafasan bayi yang kecil sehingga terdengar sangat jelas. Dengan bertambahnya usia nafas bayi berbunyi grok-grok tersebut akan hilang karena saluran pernafasan semakin membesar.

Artinya, adanya lendir pada saluran pernafasan bayi adalah kondisi yang wajar selama tidak mengganggu aktivitas bayi. Asalkan bayi masih semangat minum susu, tidak muntah, dan berat badan bayi yang normal, serta lendir berwarna bening dan tidak berbau.

Cara Menyedot Lendir

Lendir sekresi sendiri sebenarnya berguna untuk membersihkan saluran pernafasan dan menangkal infeksi  kuman dan virus dari dalam tubuh bayi. Jika lendir berada di rongga hidung bunda bisa menyedotnya dengan pipet khusus yang tersedia di apotek.

Hindari menyedot dengan mulut ya bunda, karena ada kemungkinan bunda sedang tidak dalam kondisi sehat dan bakteri bisa menular kepada bayi melalui air ludah. Cara lain mengeluarkan lendir adalah dengan menengkurapkan bayi sambil menjemurnya di pagi hari. Biasanya lendir akan keluar dengan sendirinya.

Kapan Kita Harus Waspada Denngan Nafas Bayi Berbunyi Grok-Grok?

Bunda, ada beberapa kondisi yang menuntut kita harus waspada dengan nadas bayi yang berbuyi grok-grok, yaitu ketika disertai batuk-batuk, sering bersin, dan suhu tubuh yang meningkat. Sebaiknya, bunda langsung periksakan ke dokter, kemungkinan si kecil terseran virus flu.

Waspadalah jika nafas bayi diatas usia 6 bulan masih berbunyi grok-grok dan tetap memproduksi lendir secara berlebihan.

Apakah nafas bayi berbunyi grok-grok terjadi pada saat cuaca dingin, mengkonsumsi telur atau terrkena debu? Mendeteksi sejak awal akan mempermudah bunda dalam melakukan perawatan pada bayi bunda.

Ketahui juga riwayat keluarga apakah ada yang menderita asma. Karena asma adalah pennyakit genetik, sehingga jika dalam keluarga terdapat penderita asma sebaiknya konsultasikan pada dokter.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)