Lahir Normal atau Caesar

Lahir Normal atau Caesar

Comments Off on Lahir Normal atau Caesar

Akhir-akhir ini, masyarakat sering membandingkan kelebihan dan kekurangan antara persalinan normal dengan persalinan Caesar. Padahal kedua jenis persalinan tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dibandingkan. Karena masing-masing, baik persalinan normal (pervaginam) maupun operasi Caesar mempunyai dasar indikasi atau alasan medis ilmiah yang sangat berbeda sebelum dapat dilakukan tindakan. Proses persalinan, dipengaruhi oleh beberapa factor yang dikenal dengan 3P + 2P.

  1. Power (tenaga ibu)

Power  yang dimakhsud di sini ialah, mulai kontraksi rahim ibu pada proses persalinan dan kekuatan ibu mengejan pada saat kepala bayi akan lahir. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain: status gizi, ada atau tidaknya penyakit lain, stamina ibu dan lain sebagainya.

  1. Passanger (bayi)

Faktor yang berpengaruh dalam hal ini antara lain:

  • Posisi atau letak bayi. Normalnya kepala di bawah dengan ubun-ubun kecil berada di bagian terendah. Jika tidak, maka berpotensi terjadi operasi Caesar.
  • Ukuran bayi. Bayi besar lebih berpotensi menyebabkan persalinan lamma, tergantung lebar panggul ibu. Sehingga meningkatkan kemungkinan operasi Caesar.
  • Bayi kembar, meningkatkan resiko dilakukan Caesar. Apalagi jika bayi yang di bawah letaknya lintang.
  • Kelainan pada bayi. Adanya tumor atau penyakit lain.
  1. Passage (jalan bayi)

Ukuran panggul yang sempit dapat mempersulit persalinan pervaginam. Begitu juga bila ada yang menghalangi jalan lahir misalnya adanya tumor atau placenta (ari-ari) yang menutupi jalan lahir.

  1. Psikologi

Faktor psikis ibu dan keluarga sangat berpengaruh terhadap proses persalinan. Pikiran yang tenang, banyak berdzikir dan positive thinking  akan memberikan rasa rileks, sehingga mengurangi “rasa nyeri” dan Insya Allah melancarkan proses persalinan.

  1. Penolong

Diharapkan sebelum mendekati hari perkiraan persalinan sudah melakukan orientasi ke RS atau lainnya. Ini bertujuan untuk menguatkan ikatan batin antara ibu hamil dengan dokter atau penolong sehingga akan terasa lebih nyaman bagi ibu hamil. Demikian, semoga para ibu hamil semua dapat menjalani masa kehamilan dengan sehat, dan menjalani proses persalinan dengan lancar, selamat ibu serta sang  buah hati.

 

Dr. Candra Damayanti, Sp.OG

Direktur RSIA Cempaka Putih Permata

Baca Juga—-

Modal cuma 500ribu, untung 2x lipat, sebulan bisa dapat >50juta bersih! Ayo jadi agen pelancar ASI Shireen Sungkar ini!

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)