3 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Anak GTM (Gerakan Tutup Mulut)

3 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Anak GTM (Gerakan Tutup Mulut)

Comments Off on 3 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Anak GTM (Gerakan Tutup Mulut)

Membiasakan anak mengkonsumsi sayur-sayuran menjadi tantangan tersendiri untuk setiap orang tua. Banyak orang tua yang mengeluhkan anak-anaknya sulit mengkonsumsi sayur-sayuran. Sekali anak malas mengkonsumsi sayur-sayuran bisa jadi hal itu dibawa sampai dewasa dan ia anti dengan semua jenis sayur-sayuran. Membiasakan anak sejak dini untuk memiliki pola hidup sehat menjadi PR tersendiri untuk setiap orang tua.

Pola makan sehat menjadi pembelajaran terpenting yang harus dicanangkan sejak dini, sebab pembelajaran yang dilakukan saat usia dini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak di masa mendatang. Jadi apa yang dipelajari anak saat usia tersebut bisa jadi akan terbawa seumur hidupnya. Maka dari itu, pentingnya orang tua memberikan perhatian terhadap setiap tumbuh kembang anak sangatlah penting untuk meminimalisir adanya kesalahan yang berakibat pada kebiasaan pola makan si kecil.

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat si kecil susah makan atau GTM (Gerakan Tutup Mulut) :

  1. Membiasakan Aturan Makan yang Tepat Untuk Si kecil

Mengajak mereka makan sesuai dengan aturan dengan duduk manis sambil menyantap makanan di meja makan akan menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan kebiasaan makan si kecil di masa mendatang daripada hanya menawarkan hidangan seadanya sambil berjalan. Jadwalkan makan si kecil secara teratur waktu untuk sarapan, cemilan saat tengah pagi, makan siang, snack sore hari, makan malam hingga camilan sebelum tidur. Si kecil membutuhkan sesuatu diantara waktu makan agar mereka dapat melaluinya. Bisa anda coba Snack Rufani Crunchy sebagai cemilannya. Snack sehat dan kaya gizi yang cocok untuk cemilan si kecil.

  1. Hindari Untuk Selalu Menyajikan Makanan yang Disukai Anak Saja

Sangat disarankan bagi moms untuk menyajikan makanan yang bervariatif. Misal mencampurkan ayam dengan sayuran, mencampur bubur bayi dengan potongan sayur-sayuran, mencoba Rufani Snack Mpasi menjadi cemilan + campuran lauk mpasinya. Banyak hal yang bisa moms coba untuk membuat anak tidak cenderung hanya memilih makanan yang ia sukai saja. Moms harus cermat dan kreatif dalam menyuguhkan makanan-makanan sehat.

  1. Jangan Paksa Anak

Moms hanya perlu menjelaskan dan menyuguhkan makanan bervariatif yang membuat si kecil tertarik unuk mencicipinya bila rasa makanan yang moms berikan membuat anak suka hal itu akan menarik anak bisa mencobanya lagi dan menghabiskan hidangan yang disuguhkan.

Jangan pernah memaksa anak untuk mencicipi makanan yang moms sediakan, moms hanya mengarahkan dan berinisiatif lain untuk membuat anak mencicipi hidangan itu atau membuat anak tetap makan. Biarkan anak menikmati sendiri makanannya.

Jangan lupa perhatikan kandungan gizi yang diperlukan anak pada masa pertumbuhan dan hindari makanan yang mengandung msg atau bahan pengawet yang bisa mengganggu kesehatan si kecil. Misal memilih Rufani Snack Mpasi menjadi cemilan sehat si kecil karena snack ini tidak mengandung msg dan gula. Jadi, aman untuk si kecil.

Info mengenai ASI dan Menyusui kunjungi web kami di www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)