5 Makanan Ini Dapat Hindarkan Anak Dari Anemia!

5 Makanan Ini Dapat Hindarkan Anak Dari Anemia!

Comments Off on 5 Makanan Ini Dapat Hindarkan Anak Dari Anemia!

Anak usia batita atau sudah melewati 1 tahun sudah dapat diberikan makanan selain ASI. Makanan atau minuman bisa berupa susu sapi. Jumlah ideal untuk mengkonsumsi susu sapi bagi si kecil adalah 400-500ml per hari. Susu yang diberikan pun bisa berupa susu formula atau susu UHT yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan aturan diatas.

Susu formula atau UHT umumnya memiliki kandungan zat besi. Sehingga mommies tidak perlu khawatir si kecil akan terkena anemia atau kekurangan darah. Jumlah yang harus diberikan pada si kecil juga harus pas tidak boleh terlalu sedikit atau berlebihan.

Yang justru kurang tepat adalah ketika mommies hanya memberikaan ASI saja saat usianya sudah diatas 1 tahun. Sebab kandungan zat besi pada ASI sudah berkurang banyak.

Nah untuk mengatasi kebutuhan zat besi si kecil, selain dengan memberinya susu adalah memberinya 5 makanan sebagai berikut :

  1. Daging Merah

Pada daging merah terdapat kandungan zat besi yang terdapat dalam hemoglobin yang lebih mudah diserap tubuh. Vitamin B12 di dalam daging yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Mommies bisa memberikan daging 2-3x dalam seminggu pada si kecil.

  1. Bayam

Sayuran yang satu ini tidak hanya harganya saja yang murah ya moms, namun sayuran hijau ini mengandung vitamin dan mineral yang melimpah, tak terkecuali kandungan zat besinya yang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Nah mommies bisa buat aneka menu dari sayur bayam dan menjadikannya omelet, atau sayur bening untuk menu makan si kecil.

  1. Tomat

Tau gak sih moms, zat besi lebih baik diserap oleh vitamin C? nah dalam tomat ini ada kandungan zat besi dan vitamin C-nya loh. Meskipun zat besi yang terkandung tidak terlalu banyak, namun tomat memiliki antioksidan berlimpah yang baik untuk mencegah kanker. Mineral kalium yang terdapat didalamnya juga berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap lancar dan stabil.

  1. Buah Bit

Buah dengan daging yang berwarna merah ini memiliki kandungan zat besi yang dapat mengurangi gejala anemia. Selain itu, buah bit juga bisa menjaga kesehatan jantung dan kaya akan vitamin C, B6, serta asam folat. Nah mommies bisa menyajikan buah bit sebagai jus untuk si kecil pada sore hari.

  1. Kurma

Selain zar besi, kurma juga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan kalium. Rasa kurma yang manis ini juga bisa loh moms untuk cemilan si kecil. Kurma juga bisa menjadi sumber energi loh moms.

Info ASI dan Menyusui www.nakibu.com

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)