6 Tips Jika Bayi Menggigit Saat Menyusu

6 Tips Jika Bayi Menggigit Saat Menyusu

No Comments on 6 Tips Jika Bayi Menggigit Saat Menyusu

Menyusui mempunyai tantangan sendiri bagi setiap ibu. Menyusui pun membutuhkan tekad, kesabaran, dan toleransi yang tingii, apalagi jika bayi sudah mulai menyusui sambal sesekali menggigit, bahkan ketika ia belum tumbuh gigi.

Bayi Menggigit Saat Menyusu Karena Mulai Tumbuh Gigi?

Selama tumbuh gigi, bayi cenderung ingin mengunyah semua yang mereka pegang atau dapatkan, termasuk payudara atau puting mommies nih. Hal ini mereka lakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan tidak nyaman yang si kecil rasakan selama proses tumbuh gigi tersebut.

Bayi menggigit saat menyusui pada saat sebelum dan setelah menyusui, nah pada waktu inilah mommies harus waspada untuk mencegah gigitan si kecil saat menyusui.

Alasan lain saat bayi menggigit adalah karena mereka tidak sabar menunggu susu keluar, bisa juga karena mereka telah selesai menyusu, kenyang, dan hanya ingin menggigit sesuatu untuk menghabiskan waktu. Kegiatan menggigit ini dapat terjadi juga karena ibu tidak memusatkan perhatian pada bayinya.

Selalu perhatikan si kecil saat menyusui ya moms, saat si kecil mulai bermain-main, atau menjahili, maka lihat matanya atau hentikan menyusui. Jika ia menggigit katakana “tidak boleh” dengan tegas dan hentikan segera proses menyusui. Hal ini untuk mengajarkan si kecil agar ia tidak mengulanginya. Hindari berteriak ‘Aduh’ dan ‘aw’. Sebab hal ini akan membuat si kecil takut atau bahkan menggigit kembali.

6 Tips Mencegah Gigitan Bayi Saat Menyusu

  1. Berikan perhatian penuh pada si kecil saat menyusui
  2. Katakan ‘Tidak Boleh’ dengan tegas saat si kecil menggigit atau langsung hentikan menyusui. Jika si kecil tidak mengulangi lagi, berikan hadiah berrupa ciuman, senyuman.
  3. Untuk mencegah gigitan bayi saat menyusui, hindari berteriak saat bayi menggigit puting susu.
  4. Carilah posisi menyusui yang nyaman
  5. Coba Teknik pull off-dan-pull down

Jika bayi menggigit segera lepasakan si kecil dari payudara dan turunkan dia. Tarik kebawah dengan tegas yang akan membuat si kecil mengerti bahwa ketika dia menggigit ia akan dijauhkan dari air susunya.

  1. Berikan teether

Tumbuh gigi akan menciptakan dorongan untuk mengunyah, dan apapun yang masuk ke mulutnya adalah mainan yang akan ia gunakan untuk menggigit.

 

Semoga cara-cara diatas bisa mencegah gigitan si kecil saat menyusui ya moms.

Info seputar ASI dan Menyusui www.nakibu.com

About the author:

Related Posts

Leave a comment

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)