8 Kesalahan Yang Sering dilakukan Saat Memberikan ASIP/Susu Formula

8 Kesalahan Yang Sering dilakukan Saat Memberikan ASIP/Susu Formula

Comments Off on 8 Kesalahan Yang Sering dilakukan Saat Memberikan ASIP/Susu Formula

 

Kesalahan dalam memberikan susu botol pada bayi seringkali dilakukan oleh ibu yang memberi si kecil ASIP atau susu formula sebagai pengganti ASI.

Memberi ASIP atau susu formula dari botol pada bayi harus memperhatikan banyak factor penting. Seperti jumlah susu yang harus diberikan, jeda pemberian susu botol, hingga menjaga kebersihan botol susu bayi.

Kehidupan pertamanya sejak ia bayi hingga usia 2 tahun merupakan masa-masa penting, karena ia tumbuh, berkembang serta belajar dengan cepat. Tumbuh kembang anak selama masa itu akan memberikan dampak pada kehidupan si kecil pada masa depan.

Oleh sebab itu, kebutuhan nutrisi anak harus benar-benar diperhatikan. Termasuk dalam memberi susu botol padanya baik berupa ASIP maupun susu formula. Pastikan kebutuhan buah hati terpenuhi, tidak hanya asal kenyang, namun jaminan kesehatannya juga harus diperhatikan.

Kesalahan Saat Memberi ASIP Atau Susu Formula Pada Botol Bayi

  1. Memberi ASIP Atau Susu Formula Saat Si Kecil Menangis

Bunda, tidak setiap tangisan bayi bermakna bahw

a ia ingin menyusu, ada kalanya si kecil hanya ingin dipeluk atau diperhatikan oleh bunda, atau ingin diganti popoknya. Periksa kondisi sekitarnya yang mungkin membuat si kecil merasa tidak nyaman hingga ia menangis.

Terlalu sering diberi susu bisa menyebabkan masa

lah kesehatan pada bayi. Perhatikan juga jadwal pemberian susunya agar tidak berlebihan.

  1. Mencuci Botol Sekedarnya

Setiap botol, dot dan perlengkapan bayi untuk membuat susu botol atau ASIP harus disterilisasi sebelum dipakai. Setelah itu, botol bisa dibersihkan dengan air hangat dan sabun yang aman untuk si kecil. Pastikan juga bunda langsung mencuci botol setelah dipakai oleh bayi.

Jangan memakai botol yang sama untuk menyusu lebih dari satu kali tanpa dicuci terlebih dahulu.

Baca juga >> Cara Tepat Membersihkan Botol Susu Bayi

  1. Memanaskan ASIP/Susu Formula Di Microwave

Microwave memang bisa menghangatkan makan dengan cepat dan praktis. Namun, microwave juga dikenal sebagai pembunuh vitamin dan mineral dalam makanan. Jadi menghangatkan susu dalam microwave bukanlah pilihan yang sehat.

Sebaiknya, hangatkan ASIP dengan mencelup botol pada air hangat (suam-suam kuku) hingga susu menghangat secara perlahan.

  1. Mencampur ASIP Dengan Air Putih Atau Membuat Susu Formula Yang Terlalu Encer

Dengan alasan menghemat pengeluaran untuk membeli susu, terkadang orangtua memberikan susu yang encer untuk anaknya, agar susu tidak cepat habis. Akan tetapi hal ini sangat menghambat penyerapan nutrisi yang maksimal dari susu formula.

Untuk ASI juga tidak bisa sembarangan loh bunda untuk dicampur dengan air, akibatnya pada anak akan sangat fatal.

  1. Tidak Membuat Bayi Sendawa Setelah Menyusu

Selalu buat sendawa si kecil saat setelah ia selesai menyusu ya bunda. Karena gelembung udara yang masuk bersamaan dengan susu dalam botol dapat berkumpul dalam perut bayi dan membuat perutnya kembung.

Bayi juga bisa muntah atau gumoh bila kelebihan udara diperutnya tidak dikeluarkan melalui sendawa.

  1. Memberikan Sisa Susu Di Botol Pada Bayi

Terkadang si kecil menyisahkan susu pada botolnya, entah karena ia tertidur, bermain, dan sudah kenyang. Namun, jangan pernah memberikan sisa susu yang tidak dihabiskan kepada si kecil lagi ya bunda.

Karena bakteri dari mulut bayi dapat masuk kedalam susu dan berkembang biar menjadi bakteri berbahaya untuk kesehatan bayi.

Selalu buang susu yang tersisa dalam botol, dan buatlah susu yang baru. Jangan lupa juga untuk mencuci botolnya terlebih dulu sebelum menyiapkan susu yang baru.

  1. Tidak Memeriksa Tanggal Kadaluarsa Pada Susu Formula

Memeriksa tanggal kadaluarsa pada susu formula si kecil sangat lah penting. Karena susu formula yang kadaluarsa tidak hanya kehilangan nutrisi pentingnya saja, namun juga menyebabkan masalah kesehatan pada bayi.

Periksa juga kemasannya, bila segel rusak atau terlepas sebaiknya jangan dibeli.

  1. Membiarkan Bayi Tertidur Dengan Botol Susu Yang Masih Menempel

Hal ini pasti sering kita lakukan ya parents. Jangan pernah meninggalkan anak sendirian dengan botol susu yang masih menempel saat ia tidur. Begitu si kecil tidur, lepaskan botol susu dari mulutnya.

Botol susu yang masih menempel pada mulut bayi saat tidur akan meningkatkan risiko bayi tersedak.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)