8 Tips Menjalani Puasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusui

8 Tips Menjalani Puasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusui

Comments Off on 8 Tips Menjalani Puasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusui

Ibu menyusui juga bisa puasa Ramadhan loh! yuk kita simak cara menjalani puasa bagi ibu menyusui agar aman bagi kesehatan ibu dan bayi.

Ibu menyusui tentu saja boleh berpuasa selama Ramadhan. Namun dalam agama islam masih memberikan kelonggaran puasa bagi ibu menyusui untuk tidak berpuasa dengan menggantinya dilain waktu atau dengan membayarkan fidyah.

Dalil Bolehnya Mengqadha Bagi Ibu Hamil Dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui mendapatkan keringanan dalam berpuasa sebagaimana musafir dan setelahnya mengadha.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ وَضَعَ عَنْ الْمُسَافِرِ نِصْفَ الصَّلَاةِ وَالصَّوْمَ وَعَنْ الْحُبْلَى وَالْمُرْضِعِ

“Sesungguhnya Allah meringankan separuh shalat dari musafir, juga puasa dari wanita hamil dan menyusui.”

Rata-rata berpuasa hanya menunda makan hingga 14 jam ke depan. Dan dalam selang waktu tersebut tubuh manusia masih bisa bertahan dengan kandungan nutrisi yang disimpan sejak makan sahur.

Namun berpuasa pada ibu menyusui eksklusif sebelum bayi berusia 6 bulan akan menyebabkan ibu mengalami dehidrasi. Karena pada masa ini ibu akan menyusui secara rutin setiap 2-3 jam tanpa mengenal siang dan malam. Oleh karena itu, lebih baik puasa dilakukan setelah bayi berusia 6 bulan dan menerima MPASI.

Tips menjalankan puasa bagi ibu menyusui :

  1. Konsultasi pada dokter

Selalu berkonsultasi dengan dokter bund ajika ingin memastikan sesuatu. Untuk berpuasa Ramadhan jika kondisi bunda dan bayi memungkinkan maka dokter akan membolehkan ibu berpuasa selama Ramadhan.

  1. Usia Bayi

Seperti ulasan diatas, puasa bagi ibu menyusui sebaiknya dilakukan setelah bayi berusia 6 bulan dan sudah menerima MPASI

  1. Menjaga Nutrisi Makanan

Pada saat tidak berpuasa kita dianjurkan untuk makan setidaknya 3 kali dalam sehari. Dengan komposisi nutrisi terdiri dari 50% karbohidrat, 20% lemak, 30% protein. Saat berpuasa bunda boleh menambah frekuensi makan asalkan tidak menganggu kenyamanan tidur karena terlalu kenyang.

  1. Banyak minum air

Banyak minum air putih sejak berbuka hingga saat sahur akan memenuhi kekurangan cairan pada saat berpuasa.

  1. Istirahat cukup

Puasa bagi ibu menyusui akan terasa berat, karena seringkali terasa lemas setelah menyusui. Untuk itu bunda dianjurkan untuk beristirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi fisik mapun psikis, agar produksi ASI tetap lancar.

  1. Pumping Dan Susui Semaksimal Mungkin Saat Malam Hari

Produksi ASI saat berpuasa pada siang hari mungkin akan berkurang. Oleh karena itu manfaatkan malam hari untuk memompa ASI dan menyusui semaksimal mungkin, Stock ASI perah dapat digunakan saat siang hari.

  1. Minum Pelancar ASI

Pelancar ASI berfungsi untuk melancarkan ASI bunda, minum ASI Booster Tea atau ABT Superdrink untuk menambah kuantitas ASI selama berpuasa. Dibuat dari herbal alami 100% jadi aman untuk ibu dan bayi. ASI Booster Tea dan ABT Superdrink ini juga dapat melancarkan dan melimpahkan ASI hingga 900% dalam waktu 24-72 jam.

  1. Berhenti puasa jika merasa perlu untuk menghentikannya

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk berpuasa, sebaiknya bunda tidak memaksakan diri berpuasa. Bagaimanapun bagi ibu menyusui puasa dapat digantikan dihari lainnya atau digantikan dengan fidyah.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)