9 Manfaat Berjilbab

9 Manfaat Berjilbab

Comments Off on 9 Manfaat Berjilbab

Jilbab bukan hanya selembar kain tanpa makna. Akan tetapi, begitu banyak berkah dan manfaat jilbab bagi orang yang memakainya.

  • Mendapat Pahala yang Sempurna

Berjilbab adalah bentuk ketaatan seorang muslimah terhadap perintah Allah yang telah ditegaskan dalam surah Al-Ahzab ayat 59, dan tentu saja akan membuahkan pahala. Dengan menaati-Nya, berarti kita telah beribadah mendekatkan diri kepada-Nya. Setiap kali kita memakai jilbab untuk menutup seluruh tubuh tanpa terlihat sedikit pun bagian yang dilarang terlihat, maka kita sedang mempraktikkan ketaatan. Dengan demikian, pahala akan bertambah, dan sebaliknya, jika perintah-Nya kita lalaikan, akan mengurangi pahala.

  •  Pahala Sabar yang Luar Biasa

Terbayang kan lelah dan payahnya jika kita sedang berada di bawah terik matahari, serta merasa panas dan sempit dalam ruangan ketika memakai jilbab? Tenang, Allah akan membalas kesabaran kita dengan hadiah yang luar biasa! Kita harus sabar selama mengenakan jilbab dan tetap teguh memegangnya untuk mencari keridaan Allah. Lebih panas dibanding api neraka? Ih seram banget. Bayangkan janji-janji Allah yang indah saja, yuk! Sebagaimana firman-Nya, yang artinya:

“Dan Allah membalas mereka dengan sebab kesabaran mereka dengan surga dan kain sutra.” (QS. Al-Insan [76]: 12)

“Kecuali orang-orang yang bersabar dan mengerjakan amal saleh, mereka itu mendapatkan ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Hud [11]: 11)

  • Melindungi Diri dari Fitnah dan Perbuatan Zina

Setelah memakai jilbab, kesan pertama yang didapat adalah rasa aman. Seseorang yang berjilbab secara sempurna akan terjauhkan dari fitnah. Dalam jilbab yang syar’i terkandung perlindungan terhadap diri dari berbagai kelemahan, penguasaan hawa nafsu, dan setan. Jika menghindari tabarruj (berlebih-lebihan menghias diri) serta baju-baju ketat nan pendek, kita akan jauh dari fitnah. Siapa yang mendekati fitnah, maka fitnah tersebut akan menghanyutkannya.

“Barang siapa yang mendekati (fitnah), maka fitnah itu akan menyambarnya.” (HR. Bukhari)

Bayangkan wanita dengan aurat terbuka ataupun berjilbab mini. Hal itu tentunya akan mengundang pandangan tidak pantas, pikiran kotor, sampai hawa nafsu. Apalagi sekarang adalah era digital, dengan mudahnya seseorang “menangkap” gambar wanita seksi, kemudian menyebarkan dan menjadikannya fitnah. Seram, ah! Seseorang yang berjilbab tak hanya sabar menahan panas, tetapi juga sabar akan semua hal yang berkaitan dengan jilbab, termasuk penghinaan ataupun ejekan ketika memakainya. “ Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-umar [39]: 10)

  • Mencegah Zina

Selain menghindari fitnah, ternyata jilbab mencegah zina. Dengan apa? Tentunya dimulai dari sarana pendorong terjadinya zina, yaitu memandang, berbicara, dan melakukan perbuatan dosa lainnya yang menjerumuskan orang pada perzinaan, sebelum zina itu terjadi. Salah satu penyebab terjadinya zina adalah perbuatan menanggalkan jilbab dan menghias diri. Seolah-olah seorang wanita mengajak mata laki-laki dan berkata, “Pandang aku, dong, jangan putus-putus.” Na’uudzubillaahi min dzaalik!

  • Mendapat Kedudukan Tinggi di Dunia dan Akhirat

Jika niat berjilbab mengharap keridaan Allah dengan menaati perintah-Nya, Allah menjanjikan derajat yang tinggi di dunia dan akhirat. Allah berfirman, “Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah. Yaitu nabi-nabi, para shiddiqin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (QS. An-Nisa’[4]: 69)

Rasulullah saw. bersabda, “… Sesungguhnya engkau tidak tertinggal, lalu engkau mengerjakan amalan yang kau mencari keridaan Allah dengannya, kecuali engkau menambah derajatmu dan ketinggian tingkatanmu.” (HR. Bukhari)

  • Jilbab Adalah Pakaian Takwa

Jilbab tidak lain merupakan simbol ketaatan wanita muslimah. Jilbab syar’i inilah yang merupakan pakaian takwa. Allah berfirman, “Hai, anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan dan pakaian takwa itulah yang paling baik…” (QS. Al-A’raf[7]: 26)

  • Mencegah Kanker Kulit dan Penuaan Dini

Menurut para ahli, wanita lebih rentan terkena kanker dibanding pria. Pemicunya adalah radikal bebas yang terdapat pada sinar ultraviolet. Selain itu, sinar ultraviolet dapat menyebabkan kulit lebih gelap, terbakar, solar keratosis, solar urticaria, photosensitivity, dan memicu terjadinya penuaan dini. Jilbab mampu menutupi tubuh dan melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet. Jadi jangan ragu lagi untuk cantik dengan jilbab!

  • Gampang Melakukan Shalat

Pernah mengalami kesulitan menjalankan shalat karena lupa membawa mukena? Mau pakai mukena yang tersedia di masjid atau musala tapi khawatir kotor. Mau shalat seadanya enggak pede, karena aurat tidak tertutup sempurna. Kaki masih terbuka, kerudung cuma sampai leher, pakaian masih ketat, dan lengan tidak sampai ke pergelangan tangan, galau kan? Andai sehari-hari pakai jilbab syar’i, pasti lain ceritanya kalau lupa membawa mukena. Kaki terbungkus kaus kaki. Pakaian longgar sehingga lekuk tubuh tidak terlihat. Tangan bisa disembunyikan di balik kerudung. Enak kan?

  • Aman Saat Menyusui

Panjang kerudung syar’i minimal sampai dada. Hal itu akan sangat bermanfaat bagi seorang ibu menyusui dan bayinya ketika berada di tempat umum. Saat si bayi menangis atau rewel sang ibu bisa langsung menyusuinya dengan praktis tanpa perlu mencari-cari apron atau celemek untuk menyusui. Tinggal sembunyikan bayi di balik kerudung seperti layaknya orang lain menyembunyikan bayinya dibalik apron ketika menyusui di tempat umum. Ya, kerudung sya’i bisa berfungsi sebagai apron juga!

Sumber : Jilbab BUKAN Jilboob

Penulis : Li Partic

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)