Awas, perhatikan ini : 9 Tanda Bayi Cukup ASI

Awas, perhatikan ini : 9 Tanda Bayi Cukup ASI

Comments Off on Awas, perhatikan ini : 9 Tanda Bayi Cukup ASI

“… 9 Tanda Bayi Cukup ASI …”

 

Yakin bayi Anda sudah cukup ASI? Tidur pulas belum tentu cukup ASI lho…

Lihat 9 indikator ini, penting untuk tumbuh kembang si bayi agar tidak salah mendeteksi bayi sudah cukup ASI atau belum.

  1. Berat Badan Naik

Tanda bayi cukup ASI adalah kenaikan 400 gram hingga 1 kg setiap bulannya.

Sebelum menyusui, timbanglah berat badan bayi dengan timbangan digital. Setelah menyusui 15 menit untuk setiap payudara, timbanglah bayi Anda kembali dengan timbangan yang sama.

Selisih berat badan bayi, menunjukkan jumlah ASI yang diminum selama 30 menit tersebut. Ingat! hanya dapat dilakukan bila tersedia timbangan digital. Pastikan bayi Anda cukup ASI, lihat tipsnya di sini

Cenderung Berat badan bayi yang baru lahir turun pada beberapa hari pertama. Awasi agar penurunannya tidak lebih dari 10%. Bila sudah lebih dari 10%, kemungkinan karena ia tidak mendapatkan cukup ASI. dan jangan lupa periksalah berat badan bayi, setiap bulannya.

  1. Diaper sering basah

Banyaknya air seni yang ia keluarkan setiap hari dan khususnya pada bayi baru lahir dengan jumlah diaper basah minimal 6 diaper perhari adalah salah satu tanda bayi cukup ASI.
Karena jumlah air seni yang membasahi diaper relatif dan tidak dapat diukur, maka dari itu meski bayi Anda buang air kecil lebih dari 6 kali per hari, tetap pantau juga kecukupan ASI nya dengan cara-cara lain

  1. Kuantitas dan Warna Pup

Tanda bayi cukup ASI yang ketiga adalah pup minimal 1 kali dalam sehari. Bila ia tidak pup dalam beberapa hari, Anda perlu mencurigai bahwa ia kurang ASI.
Untuk bayi yang meminum ASI dan sufor, kita dapat melihat kedua warna tersebut pada pupnya. Bayi yang minum ASI eksklusif pup warna kuning cerah dan encer, kalo yang pake sufor pupnya lebih condong ke warna hijau karena sufor mengandung zat besi. ASI lebih mudah diserap tubuh, sehingga tidak banyak yang dibuang menjadi pup.

  1. Lihatlah Gerakan Dagu Bayi

Perhatikan, bila dagu bayi Anda hanya turun naik terus tanpa ada jeda yang diikuti dengan dagu , berarti ia tidak menegak ASI.

Ketika ia menyusui, perhatikan bagian di antara leher dengan dagu. Ketika ia menghisap, dagunya akan bergerak turun naik. Gerakan naik turunnya dagu terjadi ketika si bayi sedang menstimulasi payudara dengan hisapannya, sedangkan ketika dagu turun ke bawah dan berhenti beberapa saat, saat itulah ASI mengisi rongga mulutnya. salah satu cara untuk mengetahui bayi anda menegak ASI atau tidak.

5.    Suara Saat Menegak ASI

Sebagian bayi mengeluarkan bunyi atau suara kecil contohnya “Glek, glek, glek…” atau “Slurp, slurp…..”. ketika ia menegak ASI.

ayo bantu ibu Indonesia agar bisa menyusui hingga 2 tahun, selengkapnya klik di sini

6.    Tekan Perlahan Payudara Saat Menyusui

Ketika bayi menyusu, peraslah perlahan payudara Anda ke arah puting dengan tujuan agar ASI menyembur dan mengganggu kenyamanan si bayi yang sedang menyusu. Bila ia tidak terlihat terganggu, berarti tidak ada semburan ASI. Cara ini dilakukan untuk membuktikan bahwa ASI bunda keluar ketika si bayi menyusu, selain itu cara ini juga dapat dilakukan untuk membangunkan bayi yang sering tertidur ketika menyusu.

7.    ASI Terlihat di Sekitar Bibir Bayi Setelah Menyusui

Terkadang, bunda dapat melihat ada sisa ASI yang tertinggal disekitar sudut bibir bayi setelah selesai menyusu, biasanya hal ini ditemukan oleh kebanyakan bunda yang memiliki aliran ASI yang cukup deras, maka dari itu cara ini tentu tidak berlaku untuk semua orang. ASI Booster Tea adalah solusi yang tepat untuk bunda yang memiliki aliran ASI yang tidak deras.

  1. Payudara Melunak

Sebelum menyusui payudara terasa penuh ketika telah menyusui payudara terasa kempis, lunak dan kosong hal itu menandakan bahwa si bayi telah mendapatkan ASI dari bunda dan perhatikan bila payudara anda keras sebaiknya cepat kompres dengan handuk hangat lalu perahlah perlahan. Setelah ASI keluar, payudara agak lunak, bayi dapat menghisapnya.

9.    Setelah Kenyang, Bayi Tidur Pulas

Untuk bayi yang baru lahir, ia akan tertidur pulas setelah kenyang mendapatkan ASI, lehernya lunglai ke bahu bunda,. Ia akan bangun kembali dan menangis 2-3 jam kemudian setelah meminum ASI, begitu seterusnya hingga usia bayi beberapa bulan.
Disisi lain, kebutuhangizi dan minum ibu juga harus terpenuhi, pembahasan soal kebutuhan ibu bayi kami tuangkan di sini

Ada kalanya seorang ibu baru yang ingin menyusui namun terkendala karena sebelumnya terlanjur pakai sufor, sehingga tidak mengalami 9 tanda bayi cukup ASI ini. Sangat disayangkan memang, namun jangan patah arang, Anda bisa relaktasi, cek informasi lengkap soal relaktasi di sini

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)