Baby lebih suka menyusu di PD kiri, Kenapa & Harus Bagaimana?

Baby lebih suka menyusu di PD kiri, Kenapa & Harus Bagaimana?

Comments Off on Baby lebih suka menyusu di PD kiri, Kenapa & Harus Bagaimana?

Tanya: Baby lebih suka menyusu di PD kiri, Kenapa & Harus Bagaimana?

posisi-menyusui-side-lying-position

Malam dok,saya mau tanya,baby 2m,knapa ya dok dya rewel klo nyusu di PD kanan,baby sedari awal lebih suka menyusu di PD kiri, sehingga membuat ASI di PD kanan saya apa karna dikit ya. Kenapa ya dok?  Tp dari PD kanan  klo sm pencet keluar qo susunya, hanya dya lebih tenang di PD kiri. Gmana caranya ya dok byar kanan kiri sama deresnya? Sy udh coba susuin di kanan tp suka rewel jd nangis,,tks

 

Jawab:

Hai Ibu,

Masalah PD kiri-kanan bila sedari awal sudah disusui secara bergantian merata sih ya produksi tidak akan berbeda. Namun bila dikatakan bayi tetap lebih suka menyusu di PD kiri,memang seperti itu untuk sebagian besar baby. Karena, selama ini denyut jantung ibu adalah suara baby paling merdu. Nah bila baby nyusu di kiri, lbh nempel dengan dada kiri ibu dimana ada jantung (letak jantung di kiri kecuali pada case manusia dextrocardia atau jantungnya dikanan-jarang sekali).. sehingga bayi akan mendengarkan denyut jantung yang merdu itu, bayi lebih anteng, dan nyaman. Begitu juga dengan posisi kebiasaan, karena bayi lbh mudah nyaman di kiri, ibu cenderung menjadi lebih pe de untuk menyusui di kiri.

Kalau sudah terlanjur bgini bagaimana? caranya sih tetap susui bergantian kiri – kanan secara merata. Setiap 1 periode menyusu, 1PD saja, agar bayi mendapat foremilk dan hindmilk.. 1jam – 1,5jam lagi bayi minta nyusu atau ganti periode, baru ganti PD 1nya. Begitu terus.

Untuk saat ini, yg bisa disarankan adalah, bagaimana bila baby menyusu dikanan terus saja, PD kirinya diperah-pompa saja, agar baby terbiasa dahulu menyusu dengan PD kanan. Seiring waktu, PD kanan akan produksi sama banyak dgn PD kiri, baru kembali bergantian menyusu PD kanan-kiri.

 

Disarikan dari tanya jawab dr maharani

#menyusui #ASI #ASIP #airsusuibu #asiboostertea #pelancarasi #boosterasi #ampuh #bagus #manjur #berkhasiat #pelancarasiyangbagus #pelancarasiyangmanjur #pelancarasiyangberkhasiat #ibumenyusui #busui #payudarakiri #payudarakanan #lebihlama #bumil #ibuhamil #tanya #jawab

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)