Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Si Kecil

Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Si Kecil

Comments Off on Bahan Makanan Yang Sehat Untuk Si Kecil

Bunda, memilih makannan sehat untuk si kecil sangatlah penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Si kecil sudah mulai memasuki usia MPASI (usia 6 bulan)? Tentunya untuk bunda-bunda pasti sangat bersemangat menyiapkan makanan untuk si kecil, bukan?

Memasak dan menyiapkan sendiri makanan si kecil adalah pilihan yang tepat, agar makanan sehat untuk si kecil lebih terjamin kebersihannya.

Berikut makanan sehat untuk si kecil, yang akan menginspirasi bunda untuk menyiapkan menu MPASI si kecil. Yuk simak!

  1. Pisang

Pisang sangat terkenal sebagai buah yang sangat cocok untuk si kecil karena memiliki rasa manis yang disukai si kecil. Pisang ini juga kaya akan karbohidrat untuk menyediakan energi untu si kecil yang aktif. Pisang ini juga kaya serat yang membuat saluran pencernaan bayi sehat.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar ini adalah sumber potassium, vitamin C, beta karotein, dan antioksidan yang membantu mencegah kanker dan radikar bebas.

Cara mengolah ubi jalar ini juga terhitung mudah loh bunda, setelah ubi jalar dikukus tinggal dihhaluskan dan diberikan kepada si kecil, dijamin sikecil suka dengan rasa manisnya.

  1. Kuning Telur

Kuning telur mengandung seng, vitamin A, D, E, B12, dan kolin. Banyak penelitian membuktikan bahwa kandungan dalam telur penting untuk perkembangan otak si kecil.

Untuk pemberian putih telur beberapa dokter menyarankan untuk memberikan saat usianya menginjak 1 tahun. terutama bagi keluarga yang mempunyai riwayat alergi.

Meskipun tidak ada riwayat alergi, sebaiknya bunda hanya berikan si kecil kuning telur sebelum si kecil berusia 1 tahun dan cobalah selama 3 hari berturut-turut untuk mendeteksi gejala alergi.

  1. Yogurt

Yogurt juga termasuk dalam makanan sehat untuk si kecil loh bunda, karena yogurt ini mengandung kalsium, protein dan fosfor yang berguna untuk membantu kesehatan bayi, dan kesehatan tulan dan gigi.

Yogurt ini dilengkapi dengan probiotik atau bakteri baik yang membantu proses oencernaan dan mendukung system kekebalan tubuh bayi. Untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi sebaiknya bunda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika ingin memberikan yogurt.

  1. Alpukat

Alpukat juga baik untuk si kecil karena mengandung protein dan lemak baik yang tinggi. Buah ini juga praktis untuk bepergian karena bisa diberikan langsung kepada si kecil.

  1. Wortel

Wortel ini mengandung banyak beta karotein. Beta karotein dalam tubuh akan menjadi vitamin A yang berperan dalam pertumbuhan dan membuat pengelihatan sehat.

Warna orange dari wortel ini akan menarik perhatian si kecil saat mereka mulai bisa makan sendiri dengan cara dipotong memanjang.

  1. Keju

Keju merupakan olahan susu yang mengandung kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulan dan gigi. Kejua juga mengandung vitamin B12 yang dapat membantu mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi.

  1. Tepung beras merah

Tepung beras merah ini sangat baik untuk bahan makanan si kecil, karena beras merah hampir tidak pernah menyebabkan alergi. Kandungan vitamin B1, B12, dan B6 yang cukup tinggi pada beras merah akan membantu proses perkembangan dalam pembentukan energy pada sel tubuh bayi.

  1. Bayam

Sayuran hijau ini mengandung vitamin A, B, C, asam folat, serta mineral kalsium, fosfor, mangan, dan zat besi. Bayam juga sangat penting untuk pembentukan otak si kecil.

 

  1. Ikan

Ikan mengandung banyak protein serta DHA yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Pastikan untuk memilih ikan yang segar ya bunda untuk si kecil.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin C, beta karotein, zat besi, potassium dan serat.

  1. Papaya

Pepaya mengandung vitamin A, B1, B2, Vitamin C, Vitamin E, asam volat, niasin, tiamin, kalium, kalsium, zat besi, zinc, dan mineral lainnya yang sangat baik untuk perkembangan bayi.

Papaya dapat digunakan juga untuk mengatasi masalah sulit BAB. Serat dan kandungan enzim papain yang ada pada papaya sangat bagus untuk perncernaan si kecil.

  1. Kacang polong

Kacang polong mengandung protein yang tinggi dan vitamin A, C, B1, B6, serta mengandung folat juga kalium, magnesium, fosfor, sodium, selenium, iron, zink, dan mangan.

Protein berfungsi menunjang pertubuhan sel dalam tubuh, dan menjaga kekebalan tubuh si kecil.

  1. Daging

Daging merupakan sumber seng, zat besi, dan protein yang memabntu sirkulasi oksigen dalam darah, untuk membantu pertumbuhan, dan juga untuk perkembangan otak bayi.

  1. Tomat

Tomat mengandung likopen, warna merah pada tomat mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Para ahli menerangkan bahwa likopen lebih baik dimasak dengan lemak.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)