Bahaya! Jangan Tidurkan Bayi Dalam Posisi Tengkurap

Bahaya! Jangan Tidurkan Bayi Dalam Posisi Tengkurap

Comments Off on Bahaya! Jangan Tidurkan Bayi Dalam Posisi Tengkurap

Di negara kita, kebanyakan bayi ditidurkan dalam posisi yang alami yakni terlentang. Dulu, kerap dianjurkan agar bayi ditidurkan dalam posisi tengkurap atau telungkup. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari bahaya tersedak atau aspirasi, yakni istilah untuk masuknya makanan ke dalam saluran pernapasan saat bayi gumoh atau muntah.

Padahal, yang dapat terjadi justru sindrom kematian mendadak pada bayi yang ditidurkan telungkup. Lain hal bila bayi sudah dapat tengkurap dengan sendirinya, biarkan ia mencari sendiri posisi tidurnya yang nyaman. Jadi dianjurkan, sebelum bayi berusia 4 bulan, sebaiknya tidak menidurkan bayi dalam posisi telungkup atau tengkurap.

Sindrom kematian mendadak pada bayi ini sering disebut dengan Sudden Infant Dead Syndrom (SIDS). Banyaknya kasus yang menyebabkan bayi meninggal ketika ditidurkan dalam posisi terlentang ini dipicu oleh ketidaksiapan pusat syarat pernapasan bayi. Ketidaksiapaan syaraf pernapasan ini bisa menyebabkan bayi mengalami sesak nafas ketika ditidurkan dalam posisi tengkurap.

Jika bayi sudah bisa membalikkan sendiri badannya ke posisi tengkurap, itu menunjukkan kesiapan atau perkembangan syaraf bayi. Dalam fase ini biarkan bayi mencari sendiri posisi tidur yang nyaman baginya.

>>> Mau coba bisnis ini? Modal cuma 500ribu, untung 2x lipat, sebulan bisa dapat >50juta bersih! Ayo jadi agen pelancar ASI Shireen Sungkar ini!

Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Seringlah memantau keadaan bayi saat sedang tidur. Jika dirasa perlu, rubah posisi tidur bayi hingga dia tampak lebih nyaman.
  2. Hindari menggunakan kasur atau alas yang tebal atau terlalu empuk. Hal ini dapat meningkatkan resiko kematian SIDS.
  3. Pastikan tidak ada orang yang merokok disekitar bayi. Ini berkaitan dengan belum sempurnanya sistem pernapasan bayi
  4. Menggunakan selimut untuk menjaga bayi agar tidak kedinginan saat tidur (terutama malam hari) memang penting. Pasang selimut hingga dibawah dada bayi dan bagian selimut yang tidak terpakai diselipkan pada sela sela tempat tidur atau matras
  5. Pastikan hidung atau mulut bayi tidak tertutup. Untuk mencegah hal ini bisa dilakukan dengan menjauhkan bantal, guling dan barang empuk lain yang tidak digunakan.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)