Banjir Kritikan dari Netizen, Andien Lakukan Ini!

Banjir Kritikan dari Netizen, Andien Lakukan Ini!

Comments Off on Banjir Kritikan dari Netizen, Andien Lakukan Ini!

Akhir-akhir ini penyanyi andien dibanjiri banyak komentar dari netizen bahkan beberapa dokter juga ikut angkat bicara. Metode pemberian Mpasi BLW yang dilakukan oleh andien banyak menarik perhatian netizen. Banyak yang menuding keputusan Andien dalam melakukan BLW sebelum usia 6 bulan pada Anaku Askara Biru, yang kerap dipanggil Baby Kawa, tidak tepat.

Langkah Andien dalam memberikan BLW ini sudah dikonsultasikan pada Dokter Ratih Ayu Wulandari berdasarkan metode yang diperkenalkan Gill Rapley dan Tracey Murkett. Metode BLW ini sendiri adalah metode yang memungkinkan bayi untuk makan sendiri, menekankan pada kemampuan anak untuk mengunyah makanan yang agak padat.

Dengan beberapa panduan dan hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh bu ibu semua sebelum menerapkan BLW. Lewat metode ini, si bayi diarahkan untuk dapat mengambil dan memakan sendiri makanannya. Intinya tidak ada puree, bubur dan sejenisnya serta tidak ada pula metode suap menggunakan sendok, melainkan  finger food dan dibiarkan menyantap makanannya sendiri.

Makanan yang Harus Dihindari.

  • Makanan yang beresiko tersedak
    Makanan yang dapat memicu si kecil tersedak karena bentuknya dan masih terdapat biji serta tulang didalamnya harus dihindari, seperti kacang-kacangan, buah cherry, anggur, ikan bertulang dan tulang lunak harus dibuang dari dagingnya.

 

  • Makanan yang mengandung garam
    Efek buruk dari garam pada makanan bayi adalah memperberat kerja ginjal bayi yang belum cukup siap untuk mengatasinya. Demi kesehatan jangka panjang bayi, lebih baik garam dihindari dan untuk usia tertentu dibiarkan dalam takaran rendah. Pilih dan pilah makanan yang hendak anda beli teliti membaca kandungan gizinya. Hingga usia 1 tahun bayi boleh memakan makanan yang mengandung garam maksimal 1 gram garam (0,4 gr sodium) per hari misal anda bisa mencoba snack Rufani Crunchy yang aman untuk bayi non msg non gula, bisa jadi campuran lauk mpasi si kecil juga lho!

 

  • Makanan yang mengandung gula
    Efek buruk dari gula pada makanan bayi adalah dapat merusak gigi bahkan sebelum gigi itu tumbuh, membuat kecanduan makanan manis kelak. Dan berhati-hatilah dengan nama: sukrosa, dextrosa, fruktosa, surup glukosa dan sirup jagung pada label kemasan makanan.

 

  • Makanan dengan bahan tambahan yang berbahaya
    Hindari makanan yang mengandung bahan tambahan, pengawet buatan, pemanis, MSG, aspartam, dan sejenisnya. Masaklah dengan bumbu segar sebisa mungkin, berikan makanan yang tak banyak diposes, alami.

 

Pelajaran BLW ini memberikan kontrol penuh kepada orang tua dari apa yang mereka makan dan membatasi ketergantungan serta menghindari pengawet yang umum yang kerap kita jumpai pada makanan instan. Bukan hanya itu, metode pengenalan makanan pendamping ASI ini memungkin si kecil untuk mendapatkan berbagai variasi makanan yang tidak diawetkan atau dihaluskan, melatih si kecil untuk mandiri dan membiarkan ia bereksplorasi dengan hal baru mengajarkan ia untuk mengunyah makanan pertama yang ia cicipi, yang secara alami bergerak kebagian belakang tenggorokannya untuk kemudian ia telan dengan perlahan.

Memang tak mudah melakukan metode ini, harus memperhatikan betul panduan dan berkonsultasi dengan para ahli terhadap kondisi bayi yang berbeda-beda. Resiko yang mungkin akan anda dapatkan dari membiarkan anak menyantap makanannya sendiri selain dari kondisi yang berantakan, diantaranya adalah ketakutan bila si buah hati tersedak dengan makanan yang ia konsumsi. Namun, bila anda telah yakin untuk menjalankan metode ini untuk si kecil maka anda juga harus mempersiapkan dengan semaksimal mungkin baik dari beberapa panduan yang berlaku, berkonsultasi dengan dokter dan benar-benar menyiapkan makanan-makanan sehat nan bergizi untuk si kecil.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)