Bayi di Bawah 1 Tahun Tidak Boleh Diberi Gula Dan Garam, Mengapa?

Bayi di Bawah 1 Tahun Tidak Boleh Diberi Gula Dan Garam, Mengapa?

Comments Off on Bayi di Bawah 1 Tahun Tidak Boleh Diberi Gula Dan Garam, Mengapa?

Si kecil sudah mulai MPASI? Tapi jangan di beri gula dan garam dulu ya bunda sebelum si kecil berusia 1 tahun!

Saat si kecil sudah mulai memasuki usia MPASI ada kalanya kita sangat ingin untuk berkreasi dengan menu makanan si kecil, namun tahukah bunda jika pemberian gula dan garam pada makanan bayi sangat tidak dianjurkan sebelum bayi memasuki usia 1 tahun?

Namun tidak sedikit para bunda memberikan bumbu tambahan seperti gula dan garam pada makanan si kecil dengan alasan “kasihan, si kecil makan makanan yang hambar”. Padahal kenyataannya bayi berusia dibawah 1 tahun tidak tahu perbedaan antara rasa hambar atau gurih pada makanan loh bunda! Oleh karena itu penggunaan garam dan gula sebaiknya dihindari sebelum si  kecil berusia 1 tahun.

Mengapa Garam Tidak Boleh Diberikan Pada Bayi Dibawah 1 Tahun?

Ada beberapa alaasan mengapa bayi dibawah 1 tahun tidak boleh mengkonsumsi gula dan garam

  1. Kebutuhan garam pada bayi kurang dari 1 gram per hari. Semnetara itu didalam ASI ataupun susu formula terdapat 0.4 gram sodium, jumlah ini sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.
  2. Selama 6 bulan, sikecil hanya menerima 1 rasa yaitu ASI. Jenis menu apapun yang bunda berikan padana akan menjadi rasa baru baginya
  3. Terlalu banyak kadar garam dalam tubuh bayi bisa menyebabkan kerja ginjal menjadi berat, dan meningkatkan resiko hipertensi dan gangguan ginjal pada saat dewasa

Saat anak berusia 1 tahun pun, bunda sebaiknya tetap membatasi pemberian garam pada si kecil untuk menjaga kesehetannya. Menurut panduan dari Scientific Advisory Committee on Nutrition (SACN). Berikut panduan batas maksimum kadar galam dalam tubuh sikecil yang sesuai usianya :

  • Usia 0-12 bula kurang dari 1 gram (o,4 gram sodium)
  • Usia 1-2 tahun, 2 gram (0,8 gram sodium)
  • Usia 4-6 tahun, 3 gram (1,2 gram sodium)
  • Usia 7-10 tahun, 5 gram (2 gram sodium)
  • Usia 11 tahun keatas, 6 gram (2,4 gram sodium)

Bagaimana Dengan Gula?

Sama seperti halnya garam, gula juga tidak diperbolehkan untuk bayi berusia dibawah 1 tahun. bukan berarti tidak memberi gula pada si kecil tidak memberikan anak makanan manis sama sekali ya bunda.

Gula yang dimaksud adalah gula buatan atau gula yang dibuat melalui proses kimiawi seperti gula pasir atau gula pada makanan kemasan. Berikut alasan mengapa bayi tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi gula :

  1. Gula dibuat melalui proses penyulingan di pabri dan menggunakan bahan kimia yang bisa berbahaya bagi bayi.
  2. Menyebabkan kerusakan gigi pada bayi
  3. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi juga akan membuat kekebalan tubuh melemah
  4. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering mengkonsumsi gula lebih mudah terkena diabetes dan obesitas di kemudian hari.

Bahan Alami Pengganti Gula dan Garam

Tidak sulit loh bunda untuk mencari bahan pemanis alami untuk si kecil. Buah-buahan seperti pisang dan papaya memiliki rasa manis yang disukai oleh bayi. Untuk madu bunda bisa berikan ke anak saat anak memasuki usia satu tahun. Untuk pemberian garam dan rasa gurih bisa bunda dapatkan dari kaldu ayam buatan rumah atau dari rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)