Benarkah Puasa Memperburuk Kualitas ASI?

Benarkah Puasa Memperburuk Kualitas ASI?

Comments Off on Benarkah Puasa Memperburuk Kualitas ASI?

posisi-menyusui-side-lying-position

Hamil dan Menyusui di Bulan Puasa

Banyak ibu merasa khawatir bahwa puasa dapat mengganggu kesehatan anak dalam kandungan atau bayi. Tetapi benarkah demikian?

 

Secara umum, inilah beberapa kekhawatiran ibu soal puasa di kala hamil dan menyusui:

Melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Pengaruh terhadap gizi anak dalam kandungan atau bayi.

Pengaruh terhadap intelegensia anak.

Perubahan kualitas ASI.

Tetapi, dr. Febriansyah Darus SpOG, dalam talkshow “Love Your Pregnancy” di Jakarta, 12 Juli lalu, menjelaskan bahwa para ibu tidak perlu khawatir. Menyoal kekhawatiran melahirkan bayi dengan berat badan rendah, dr. Darus mengatakan bahwa ini hanya ditemukan pada wanita memliki pola makan dan diet buruk. Memang benar, dalam studi lain soal penurunan berat badan bayi akibat ibu yang berpuasa di bulan pertama, ada perkiraan penurunan berat badan bayi sekitar 40 gram. Tetapi, menurutnya, ini relatif kecil dan tidak berdampak besar pada kesehatan janin.

Soal IQ, gizi dan kualitas ASI juga demikian. Dr. Darus mengatakan, tidak ada pengaruh langsung akibat puasa pada intelegensia bayi. Dan, mengacu pada sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok dokter anak di Asia Tengah pada 2007, puasa yang dilakukan oleh ibu menyusui tidak akan mengubah komposisi ASI secara bermakna. Ini dikarenakan saat berbuka puasa, tubuh akan melakukan kompensasi cadangan zat-zat gizi yang diambil dari simpanan tubuh berupa lemak, energi, protein serta vitamin dan mineral.

Pun begitu, perubahan-perubahan memang terjadi dalam tubuh ibu ketika berpuasa, di antaranya perubahan keseimbangan kimia dan hormon dalam darah, berefek pada perubahan mood, nafsu makan dan gejala-gejala, seperti muntah dan sebagainya. Oleh karena itu, para ibu wajib menaruh perhatian lebih pada gizi selama bulan puasa.

Ibu hamil dan menyusui harus tetap makan tiga kali sehari, yaitu saat sahur, berbuka dan sesudah tarawih. Kemudian, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berbahan dasar susu dan protein kurang lebih dua kali lipat lebih tinggi. Ibu yang menyusui tidak memerlukan makanan atau diet khusus. Namun, untuk menjaga kesehatan, silakan menambah diet 50-55 persen kalori dari karbohidrat, 12-15 persen dari protein, serta maksimal 30 persen dari lemak.

 

Ada yang perlu dihindari? Ya. Makanan trans-asam lemak, seperti cracker, snack dan kue panggang. Ini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular bagi ibu. (Bayu Maitra)

Ibu menyusui memang perlu ekstra kalori jika tetap berpuasa. Apalagi ibu yang biasanya sedikit sekali mengeluarkan ASI atau ASI belum lancar. Berikut ini ane share jadwal makan ibu menyusui selagi puasa:

 

Waktu Sahur

Makan menu utama

Minimal 3 Biji kurma, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak gampang lemas/gemetar

Segelas susu ditetesi propolis. Pilih susu sapi atau kambing segar/UHT. Susu bubuk not recommended. Susu ini optional yah.

Vitamin B kompleks + Vitamin C (saya lebih suka Cavi***, karena murah dan komplit, ada mineral, vitamin, asam folat, dll) –> Hanya jika menu makan bunda tidak variatif, misal tidak mau sayuran. Lebih baik penuhi PedomanUmum Gizi Seimbangdari makanan sehari-hari.

Habbatussauda, madu, spirulina, chlorella, barley atau suplemen alami lain tambah bikin powefull!

ASI Booster Tea

PhotoGrid_1422583363176

Waktu Berbuka

Kurma

Menu berbuka ringan (mis: kolak)

ASI Booster Tea

10610907_10204182496779925_3455971831846782447_n

 

Hendak Tidur/Selepas Tarawih (Jam 8-10 pm)

>>>Modal cuma 500ribu, untung 2x lipat, sebulan bisa dapat >50juta bersih! Ayo jadi agen pelancar ASI Shireen Sungkar ini!

 

Makan menu utama

Habbatussauda 1 sdm

ASI Booster Tea

PhotoGrid_1430831228516

 

Menu utama bisa didasarkan pada prinsip gizi berikut

Kandungan Gizi Yang Diperlukan Ibu Menyusui

* Tiga Porsi Protein Setiap Hari.

Seporsinya sama dengan 3 gelas susu rendah lemak, 120-140 gram ikan, daging atau unggas, dan 200-240 gram tahu.

* Dua Porsi Makanan Bervitamin C Setiap Hari.

Satu porsi setara dengan 1/4 semangka kecil, 1 buah jeruk kecil, 2/3 brokoli atau kembang kol, 2 tomat kecil atau 1 cangkir sari tomat.

* Lima Porsi Kalsium Setiap Hari.

Seporsi sama dengan satu cangkir susu rendah lemak, 120 gram sarden kaleng berikut tulangnya, 50-60 gram keju keras.

* Tiga Porsi Sayuran Hijau dan Kuning dan Buah-buahan Kuning.

Satu porsi setara dengan 1/8 semangka, 1/4 mangga besar, 1/2 wortel kecil, 1 tomat besar, 1/4 sampai 1/2 sayuran hijau yang telah masak.

* Dua Porsi Atau Lebih Sayuran dan Buah Lain.

Satu porsi setara dengan 1 buah apel, pear atau pisang, 1 iris nanas, 5 buah kurma, 1 cangkir tauge, terong atau bawang, 1 kentang kecil.

* Enam Porsi Karbohidrat.

Seporsinya sama dengan 1/2 cangkir nasi merah matang atau sejenisnya, 1/4 cangkir jangung, 1 iris roti dari bijian utuh, 1/2 kue muffin.

* Sedikit Makanan Berlemak Tinggi.

Seperti: 1/2 cangkir es krim, 1/4 alpukat kecil, 140 gram daging merah, 9 kentang goreng, 1 kuning telur, 2 biskuit kecil.

* Makanan Kaya Zat Besi.

Bisa ditemui di sarden, kedelai atau produk kedelai, bayam atau hati.

* Makanan Asin Dalam Jumlah Terbatas.

Karena bayi harus sebisa mungkin dihindari dari garam maka ibu menyusui pun harus menghindari makanan yang mengandung garam. Seperti kacang yang diberi banyak garam, kripik kentang atau acar. Gantilah dengan keju atau makanan yang hanya bergaram sedikit.

* Minimal 8 cangkir Cairan Setiap Hari.

Cairan ini bisa juga didapat dari sari buah, sayuran, susu atau sup.

* Satu Tablet Vitamin Setiap Hari.

Untuk berjaga-jaga karena tak ada diet seseorang yang sempurna.

 

#puasa #puasasaathamil #puasasaatmenyusui #AsiWajib2Tahun #ASI #ASIP #AsiPerah  #Menyusui #asiboostertea #PelancarAsi #PelancarASIAmpuh #Pelancarasibagus #BoosterASI #Halal #Aman #Ampuh #Bagus #Manjur #Berkhasiat #ManfaatASI #busui #IbuMenyusui #Bumil #ibuhamil

 

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)