Busui Wajib Tahu! Berikut Ciri-ciri ASI Basi yang Berbahaya Bagi Bayi

Busui Wajib Tahu! Berikut Ciri-ciri ASI Basi yang Berbahaya Bagi Bayi

Comments Off on Busui Wajib Tahu! Berikut Ciri-ciri ASI Basi yang Berbahaya Bagi Bayi

ASI adalah asupan yang penting bagi bayi, pasti mommies sudah tahu dan paham akan hal ini, bukan? Mommies yang diberikan anugrah ASI melimpah atau ibu yang bekerja dan tidak selalu di dekat anak pastinya akan memikirkan cara agar bisa memberikan ASI. Benar, caranya dengan memberikan ASIP (Air Susu Ibu Perah). Namun, ada kalanya ASIP yang terlalu lama disimpan berakibat buruk bagi si keci. Lalu bagaimana ciri-ciri ASI basi?

Biasanya ASIP menjadi basi ketika disimpan ditempat terbuka, sedangkan ASIP hanya bisa bertahan selama 6 jam dalam suhu ruangan. Dan jika disimpan pada lemari pendingin hanya bisa bertahan selama 3-5 hari saja.

Ciri-ciri ASIP Basi Yang Harus Mommies Tahu!

  1. Berbau Tidak Sedap

Salah satu ciri ASIP basi adalah aromanya yang tidak sedap, aroma ASIP bayi mirip dengan aroma susu sapi yang sudah basi.

  1. Tidak Larut Saat Diaduk

Mommies pasti sering melihat bukan ASIP yang disimpan memiliki gumpalan yang terpisah? Itu adalah komponen lemak dan non-lemak yang terdapat dalam ASI.

Jika ASIP segar, kedua komponen tersebut akan menyatu jika diaduk. Namun bila lemak ASI tidak larut saat diaduk, tandanya ASIP tersebut sudah tidak bagus lagi.

  1. Disimpan Di Lemari Es/Pendingin Lebih Dari 3 Hari

Kesegeran ASIP jika disimpan pada lemari pendingin, bukan di freezer hanya akan bertahan selama  3 hari. Bergantung pada suhu dan lokasi tempat penyimpanan ASIP.

Nah, moms, jika ingin menyimpan ASIP lebih baik disimpan pada kulkas khusus ASI ya.

Dan sangat tidak disarankan untuk menyimpan ASIP pada pintu kulkas, karena ditempat ini suhu berubah-ubah karena proses buka-tutup pintu.

  1. ASIP Tidak Tertutup Rapat

ASIP rentan menjadi basi ketika terkena udara. Oleh sebab itu pentingnya menyimpan ASIP dalam wadah tertutp rapat yang kedap udara. Direkomendasikan menyimpan ASIP pada plastic ziplock atau tas khusus ASI agar terhindar dari kontaminasi udara saat berada di luar ruangan.

  1. ASIP Terasa Asam

Jika mommies ragu apakah ASIP masih bagus atau tidak, cobalah mencicipinya setets. Bila ASIP terasa asam, sebaiknya segera dibuang dan jangan berikan pada si kecil.

Bahaya Memberikan Asip Basi Pada Bayi

ASIP yang basi bisa mengalami kontaminasi bakteri, virus, atau bahkan parasite yang bisa membuat bayi keracunan. Gejala yang umum terjadi adalah, bayi mengalami muntah-muntah, diare, demam, rewel dan menangis.

ASI yang sudah basi tidak hanya nutrisinya saja yang sudah rusak, bahkan bisa mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan si kecil. Oleh sebab itu, disarankan bagi para ibu menyusui jika mendapati ada ciri-ciri seperti diatas, sebaiknya jangan diberikan pada si kecil.

Langkah yang bisa mommies lakukan jika bayi menelan ASIP yang telah basi, segera bawa ke dokter dan berikan si kecil ASI segar sesering mungkin.

Info seputar ASI dan Menyusui klik www.nakibu.com

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)