Cara Aman Agar Rambut Bayi Lebat dan Lembut

Cara Aman Agar Rambut Bayi Lebat dan Lembut

Comments Off on Cara Aman Agar Rambut Bayi Lebat dan Lembut
merawat rambut bayi

merawat rambut bayi

Rambut adalah mahkota yang terdapat pada bagian kepala, jenis yang ada juga beragam, tipe-tipe rambut di masing-masing wilayah Asia pun banyak yang berbeda. Contohnya, di wilayah China, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan sekitarnya, rata-rata memiliki ketebalan menengah dan lurus. Sementara di wilayah sekitar Malaysia dan Indonesia, memiliki warna rambut yang lebih intens, tipis, dan tingkat keriting level 2 dan 3.

Perbedaan rambut orang Asia juga berbeda dalam hal tingkat kerusakan, jika dibuat grafik kehalusan hingga kekasaran rambut rusak, pada rambut orang Kaukasia dan orang Asia, akan terlihat rambut orang Kaukasia masih lebih halus dan sehat. Artinya, dalam keadaan rusak pun, rambut orang Asia butuh perawatan yang lebih intensif dan lebih khusus.

Bagi wanita Indonesia, menurut penelitian yang dilakukan salah satu merk shampoo terkenal, terdapat 5 keluhan terhadap rambut yang paling utama;

•    Kasar •    Kering •    Rontok •    Ujung bercabang, dan •    Kusam

Dan di Indonesia ternyata pemilik rambut cenderung lebih sensitif ketimbang rambut masyarakat dari wilayah lain, berikut adalah alasan mengapa orang Indonesia memiliki rambut lebih sensitif;

•    Secara genetis memiliki rambut yang tipis. •    Sering mencuci rambut lebih dari 1 kali dalam sehari. •    Eksposur sinar matahari yang terus menerus. •    Kegemaran untuk meluruskan atau pewarnaan rambut. •    Jenis Rambut Bayi Saat Lahir

Bayi lahir dengan penampilan rambut berbeda-beda. Ada yang rambutnya tipis – bahkan nyaris botak – sebaliknya ada yang tebal dan rapih. Namun yang pasti jenis dan tingkat ketebalan rambut bayi baru lahir dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah; Hormon ibu, khususnya hormon androgen. Hal kedua yang juga bisa mempengaruhi jenis rambut si kecil ketika lahir adalah faktor genetik, yang berasal dari ibu atau ayah, tetapi juga dari nenek dan kakeknya punya rambut tipis atau tebal. Sementara faktor lainnya adalah kecepatan tumbuh rambut. Kecepatan tumbuh rambut baru, setelah  rambut sementara rontok bergiliran dalam tiga bulan pertama kehidupan bayi.

____________

baca juga :

Bisnis produk by Shireen Sungkar ini bisa tolong banyak ibu meyusui

dikira produk impor, ternyata produk sehat ini bikinan Madura!

Bagaimana dengan cara menggunduli Rambut Bayi?

Setiap bayi berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Itu sebabnya, ada bayi yang rambutnya tetap sedikit hingga usia satu tahun, ada juga yang setelah satu tahun rambutnya lebat dan banyak.

Hal ini karena adanya faktor-faktor penentu, itu sebabnya dalam tradisi menggunduli rambut baru lahir, tidak serta merta akan membuat rambut bayi tumbuh lebih tebal. Apabila bayi dipengaruhi oleh faktor genetika berambut tipis, sekali pun digundulinya berkali- kali, rambutnya tetap tipis juga!

Perlu diketahui juga ketika bayi baru lahir, ada yang dinamakan, Lanugo. Ini merupakan jenis rambut lain pada bayi, yaitu rambut-rambut halus, tipis, dan cukup panjang yang menyelimuti bayi baru lahir – terutama yang belum cukup bulan – di wajah, lengan dan punggung.

Lanugo atau rambut halus dibawa bayi dari dalam rahim. Tumbuh sejak janin berusia 5 bulan, biasanya lanugo rontok ketika janin berusia 7-8 bulan di dalam kandungan, hingga beberapa minggu setelah dia lahir.

Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat

Rambut bayi bisa saja tumbuh tebal tanpa digunduli dan sebaliknya, ada juga sebagian bayi yang walaupun sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Artinya, tebal atau tipisnya rambut bayi sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Nah, bagaimana cara aman agar rambut bayi tumbuh lebat?

Lewat Asupan Gizi yang Baik

Inilah sebenarnya kunci sehatnya rambut bayi. Selain dari faktor genetik atau keturunan, faktor gizi juga sangat mempengaruhi pertumbuhan rumbut bayi Anda. Protein seperti; telur, ikan, daging, susu, kacang-kacangan sangatlah baik sebagai sumber protein. Kemudian Asam lemak Omega-3 seperti; ikan salmon, kacang kenari, minyak ikan, kedelai, kembang kol dikenal sebagai sumber bagi zat ini. Zat Besi seperti; bayam, kacang merah, tomat, kentang memiliki kandungan zat besi yang banyak. Kemudian vitamin lainnya dari buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin, terutama vitamin A, B dan C.

Jika bayi Anda masih dalam masa ASI Eksklusif (6 bulan), maka sang bunda yang harus mengkonsumsi berbagai asupan bergizi ini. Jika bayi Anda sudah diberi MPASI, maka selain ibunya, berbagai asupan bergizi di atas sebaiknya Anda sertakan dalam resep makanan bayi.

Gunakan Shampo Khusus Bayi

Setelah Anda telah mencukupi asupan gizi, maka Anda bisa melanjutkan dengan cara menjaga kebersihan rambut bayi dan melakukan perawatan menggunakan shampo khusus bayi karena selain tidak mengandung zat kimia sebagaimana shampo untuk orang dewasa, cairan khusus pembersih rambut bayi ini tak pedih di mata.

Gunakan Lidah Buaya

Sebaiknya lakukan perawatan rutin pada rambut si kecil menggunakan daging dan lendir lidah buaya, ini punya khasiat sangat baik untuk menyuburkan rambut bayi, bahan ini berasal dari tumbuhan yang aman bagi kesehatan dan keselamatan si bayi. Usapkan daging dan lendir lidah buaya setiap hari sebelum mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan Minyak Kemiri

Tak jauh berbeda dengan lidah buaya, dari cara penggunaannya yang hanya diusapkan maka akan lebih mudah. Namun, untuk penggunaan minyak kemiri bisa digunakan saat tidur dan tak harus sebelum mandi.

Gunakan Tumbukan Daun Seledri

Nah, inilah yang mirip dan hampir sama penggunaan dan cara perawatannya dengan lidah buaya, terlebih dulu daun seledri dihaluskan untuk kemudian di tempelkan dengan mengusap di bagian rambut dan kepala bayi. Lakukan sebelum mandi, diamkan sejenak kemudian bersihkan saat bersamaan ketika mandi. Anda bisa melakukan ini maksimum 2 kali dalam sehari.

Nah, sebentar lagi kita tidak perlu susah-susah memeras kemiri, lidah buaya atau seledri hanya demi memberikan ‘treatment’ untuk bayi kita. Karena akan ada “Fitduvit baby hair treatment” lho!! Ekstrak nutrisi dari kemiri, lidah buaya dan seledri akan kami rangkum dengan proses tingkat tinggi sedemikian hingga menghasilkan produk baby hair treatment yang berkelas dan sangat aman bagi bayi. Nantikan peluncurannya ya. Ngomong-ngomong, ada yang pre order duluan? 🙂

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)