Cara Memaksimalkan Perkembangan Otak Anak!

Cara Memaksimalkan Perkembangan Otak Anak!

Comments Off on Cara Memaksimalkan Perkembangan Otak Anak!

Dalam masa golden age adalah masa paling penting perkembangan otak anak. Dengan mengetahui tahap-tahap perkembangannya, kita dapat memaksimalkan kecerdasannya.

Tahukah parents, bahwa orangtua dan lingkungan akan memberikan pengaruh yang signifikan pada perkembangan otak anak? Meskipun otak bayi berkembang saat masih janin, enam tahun pertama dalam kehidupan adalah waktu yang paling penting untuk perkembangan otak anak.

Untuk itu kita sebagai orangtua perlu untuk mengetahui tahap-tahap perkembangannya, sehingga kita dapat memaksimalkan kecerdasannya pada setiap tahap.

Yuk simak tahap perkembangan otak anak sejak masa kehamilan hingga usia 10 tahun!

Masa Kehamilan

Tentunya pada masa kehamilan, kesehatan ibu sangat penting untuk pertumbuhan bayi dan otak bayi. Nutrisi yang baik, menghindari alkohol dan obat-obatan adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

Makanan yang mengandung omega 3 dan DHA sangat baik untuk perkembangan otak bayi, terutama pada masa kehamilan bulan ke-7 hingga masa menyusui.

Ketika Bayi Lahir

Ketika bayi lahir sel otak yang dimiliki bayi lebih dari 100 miliar sel otak. Sel-sel ini mengontrol fungsi-fungsi utama dalam tubuh, misalnya mengatur pernapasan, sampai pada fungsi yang lebih kompleks seperti fungsi intelektual.

Pada masa pertumbuhan anak, 100 miliar sel-sel ini terkoneksi. Koneksi pada sel ini terjadi pada saat anak mengalami suatu hal yang baru yang melibatkan indera mereka, seperti, menimang, berbicara, tersenyum, memperkenalkan bayi pada pandangan, bau, dan rasa baru. Hal berikut inilah yang dapat mensimulasi koneksi sel-sel otak.

Semakin banyak pengalaman seperti diatas diulang, semakin kuat juga koneksi antar sel-sel diotak. Hanya pengalaman-pengalaman positif saja yang mempengaruhi perkembangan otak bayi. Sedangkan pengalaman negatif akan menyebabkan masalah emosional, perilaku.

Pada saat usia anak mencapai 3 tahun, koneksi sel ini paling banyak terjadi. Oleh karena itu pada usia ini disebut golden age. Peran orangtua sangat diperlukan pada perkembangan otak anak diumur ini.

Tahap-tahap Perkembangan Otak Anak

Berikut ini masa-masa perkembangan otak anak yang dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan kecerdasan buah hati :

  1. Perkembangan Motorik : Bisa dilakukan selama kehamilan sampai dengan usia 5 tahun.
  2. Perkembangan emosional : Bisa dilakukan sejak buah hati lahir hingga 2 tahun (paling sensitif pada usia 10-18 bulan)
  3. Pengelihatan : Bisa dilakukan sejak lahir hingga usia 2 tahun (terutaman antara usia 2-4 bulan dan 8 bulan)
  4. Kosa kata : Bisa dilakukan sejak lahir hingga 3 tahun (terutama antara usia 6-12 bulan)
  5. Bahasa kedua : Antara usia 6-10 bulan
  6. Logika/matematika : Bisa dilakukan sejak lahir hingga usia 4 tahun
  7. Musik : Bisa dilakukan sejak lahir hingga 10 tahun.

Dengan mengetahui masa-masa perkembangan otak anak, kita sebagai orangtua dapat memberikan pengaruh positif pada setiap tahap perkembangannya tersebut agar anak menjadi lebih cerdas.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)