Demi ASI Eksklusif, Anak Ini Dibawa Tiap Hari Ke Lapas

Demi ASI Eksklusif, Anak Ini Dibawa Tiap Hari Ke Lapas

Comments Off on Demi ASI Eksklusif, Anak Ini Dibawa Tiap Hari Ke Lapas

1434017989853

NAUVAL Afkar Saki terlihat tertidur lelap di gendongan seorang perempuan tua. Di halaman Lapas Kelas II B Kota Mojokerto, bayi berumur empat bulan putra dari Nur Indah Mustika ini tak terganggu dengan kerumunan orang yang ingin melihatnya.

Beberapa menit sebelum tertidur, Nauval baru menyusu ibunya yang sedang mendekam di balik jeruji besi. Dari kerumunan orang yang merupakan penjenguk tahanan lain, beberapa di antaranya tak kuasa menahan air mata.

Empati mendalam setelah melihat nasib Nauval begitu sulit mendapatkan air susu ibu (ASI) yang merupakan kebutuhan pokok bayi seusianya. Terdengar di antara kerumunan itu mencibir tindakan aparat hukum yang tega merampas hak Nauval.

Lima hari sudah dilalui Nauval tanpa kasih sayang ibu. Jangankan mendapatkan hangatnya pelukan sang bunda, untuk mendapatkan ASI saja Nauval kesulitan. Praktis kondisi seperti membuat Nauval dituntut menjadi bayi yang tak banyak menuntut. “Nauval baru saja menyusu ibunya.

Terlihat tenang saat disusui dan langsung tidur pulas,” ujar Joni Apriansyah, ayah kandung Nauval di halaman lapas, siang kemarin. Kondisi sang ibu yang berada di balik jeruji besi, tentu mengguncang fisik maupun psikis Nauval. Joni menuturkan, suhu badan anak semata wayangnya itu sempat panas karena kekurangan ASI. Selain itu juga, Nauval tak bisa mendapatkan perhatian layaknya anak seusianya.

“Kami titipkan tetangga, karena ibu, tante dan neneknya juga di dalam penjara,” ujar Joni memelas. Lima hari ini juga dilalui Joni dengan berat. Selain mengupayakan penangguhan penahanan istrinya, ia juga harus mengurus Nauval yang seharusnya mendapatkan ASI eksklusif dan perhatian lebih dari ibunya. Terlebih anaknya itu sempat tidak mau minum susu formula sebagai pengganti ASI.

“Sulit minum susu formula. Ya kami paksakan agar ada nutrisi yang masuk ke tubuhnya,” katanya. Joni sempat berupaya mendapatkan ASI pengganti dari salah satu saudara satu persusuan. Meski begitu, Nauval terlihat tak begitu nyaman. Nauval terlihat nyaman hanya saat berada di pangkuan sang ibu sembari menyusu. “Harus bolak-balik ke tahanan.

Itu pun tak gampang langsung bisa masuk karena antre. Dan ada jadwal berkunjung juga,” ujarnya. Pihak lapas sebenarnya sudah memberikan tawaran agar Nauval dengan mudah menyusu. Tawaran itu mengharuskan Nauval tinggal di dalam penjara bersama sang ibu. Atas tawaran ini, Joni mengaku masih harus berpikir ulang. “Kita masih mengupayakan penangguhan penahanan.

>>> Modal cuma 500ribu, untung 2x lipat, sebulan bisa dapat >50juta bersih! Ayo jadi agen pelancar ASI Shireen Sungkar ini!

 

Karena kalau tinggal di dalam penjara, tentu perawatannya tidak akan bisa maksimal,” ujar Joni. Atas kasus yang menimpa istri, mertua, dan adik iparnya, Joni mengaku ada ketidakadilan hukum. Terutama terhadap istrinya yang tengah menyusui. Dia menyebut, banyak petugas lapas mengungkapkan bahwa istrinya tak memiliki wajah kriminal.

“Melihat wajahnya saja, istri saya dianggap tak pantas menghuni penjara,” katanya. Ia berujar, hukuman yang tengah dijalani sang istri ini tak manusiawi. Hukum telah mengabaikan kemanusiaan. Ia menyebut kondisi anaknya yang harus berpisah dengan sang ibu, sementara sang anak yang hanya mengandalkan ASI untuk pertumbuhannya.

“Harusnya hukum juga mengedepankan kemanusiaan. Kami hanya minta penangguhan penahanan agar Nauval bisa terus bersama ibunya dan bebas menyusu,” ucapnya. (Tritus julan,sindo)

#AsiEksklusif #AsiWajib2Tahun #ASI #ASIP #AsiPerah  #Menyusui #asiboostertea #PelancarAsi #PelancarASIAmpuh #Pelancarasibagus #BoosterASI #Halal #Aman #Ampuh #Bagus #Manjur #Berkhasiat #ManfaatASI #busui #IbuMenyusui #Bumil #ibuhamil

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)