Ini Alasan Mengapa MPASI dalam Bentuk Tepung Tidak Disarankan

Ini Alasan Mengapa MPASI dalam Bentuk Tepung Tidak Disarankan

Comments Off on Ini Alasan Mengapa MPASI dalam Bentuk Tepung Tidak Disarankan

Bayi yang sudah melewati masa ASIX (ASI Eksklusif), makanan sudah bisa variatif, bunda bisa mengkreasikan menu mpasi si kecil setiap harinya. Misal membuat puree buah, ayam, ikan dan masih banyak lagi varian mpasi yang bisa ibu coba.

Kembali lagi ke konsep MPASI sebagai proses pengenalan bahan makanan, semua bahan makanan harus dikenalkan sesuai rasa aslinya baru kemudian kita kombinasikan hingga membentuk citarasa olahan kuliner. Namun, bagaimana dengan penggunaan tepung untuk MPASI?

Penggunaan tepung untuk MPASI tidak dianjurkan. Adapun ingin menggunakan tepung, disarankan hanya tepung giling sendiri. Pemakaian tepung giling hanya bisa digunakan untuk 1-2 minggu masa pengenalan MPASI setelah itu sebaiknya tidak. Berikut beberapa alasan mengapa penggunaan tepung untuk MPASI tidak dianjurkan :

  • Tepung membuat MPASI teksturnya menjadi terlalu halus, tidak membuat bayi belajar mengunyah dan mengolah makanan
  • Menjadi penyebab sembelit pada bayi karena porsi yang kebanyakan
  • Pada proses pembuatan tepung giling juga membuat banyak zat gizi yg hilang. Jika tepung giling ada kulit arinya (Contoh: bekatul) bisa membuat bayi sembelit.

Itu tadi beberapa alasan mengapa MPASI dalam bentuk tepung tidak dianjurkan, masih banyak ide kreatif untuk menu MPASI variatif lainnya yang bisa ibu coba sendiri dirumah. Menu MPASI harus variatif agar si kecil bisa mencoba berbagai rasa baru yang sebelumnya belum pernah ia coba. Menambah semangat untuk mencoba dan mengeksplor hal baru terutama tentang makanan.

Untuk beberapa tips lainnya mengenai ASI dan menyusui, parenting dan pembahasan lainnya yang InsyaAllah akan bermanfaat stay tune aja terus di www.nakibu.com 

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)