Ini Cara Atasi Bayi Kejang

Ini Cara Atasi Bayi Kejang

Comments Off on Ini Cara Atasi Bayi Kejang

Panik, takut, bingung harus berbuat apa, mungkin itu perasaan moms saat si kecil terkena demam tinggi hingga kejang. Namun, tak jarang juga kita temui beberapa kasus, bayi mengalami kejang tanpa demam. Kejang ialah kondisi yang menyebabkan fungsi otot tidak bisa dikendalikan oleh diri manusia. Kejang tanpa demam terjadi pada 0.4 persen populasi anak. Namun, kejang tanpa demam tidak dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Berikut beberapa gejala, penyebab, cara mengatasi serta waktu yang diharuskan untuk memeriksakan keadaan si kecil ke dokter :

 

Gejala bayi kejang

Gejala yang ditimbulkan beragam, bisa ditandai dengan kekakuan otot, bola mata memutar ke atas, dan kelojotan sekujur tubuh. Bisa juga tidak melibatkan gerakan kejut pada umumnya, melainkan ditandai lemas seperti tidak bertenaga dan terjatuh. Atau, matanya berkedip-kedip tapi tatapannya kosong dan tidak merespon saat namanya dipanggil atau tubuhnya disentuh seperti sedang melamun.

Namun pada kejang parah, bayi mungkin diam mematung dan tampak tidak bernapas, bibirnya membiru, dan mengeluarkan busa dari mulutnya. Menjelang kejang usai, anak mungkin akan mengompol atau BAB di celana

 

Penyebab bayi kejang

Kejang terjadi akibat adanya kelainan aktivitas sinyal listrik (hantaran sinyal listrik (neurotransmitter) dari otak yang dikirim menuju saraf-saraf otot) sehingga menyebabkan gangguan pada gerakan, sensasi, kesadaran, atau menimbulkan perilaku ganjil tanpa disadari dan tanpa bisa dikendalikan oleh tubuh. Hal ini dipicu oleh kerusakan saraf yang bisa disebabkan oleh cedera kepala atau cacat lahir, masalah dengan keseimbangan senyawa kimia dalam otak, infeksi, hingga demam tinggi.

Kejang pada bayi yang disebabkan oleh demam tinggi atau biasa disebut dengan kejang demam/ step. Sering terjadi pada anak-anak berumur 6 bulan hingga 5 tahun. Hal ini terjadi akibat peradangan atau infeksi. Diduga faktor genetik juga berperan dalam kasus kejang demam anak, terutama jika ada riwayat epilepsi dalam keluarga.

 

Cara mengatasi atau pertolongan pertama pada bayi kejang

  • Tenang dan jangan panik, lakukan langkah-langkah berikut dengan perlahan tanpa takut
  • Baringkan si kecil pada bidang mendatar (lantai atau kasur) dan aman
  • Agar sirkulasi udara terbuka lancar, longgarkan pakaian bayi, terutama di sekitar leher
  • Buka mulutnya dan miringkan tubuhnya agar jika ada cairan atau sesuatu di mulutnya bisa segera keluar dan ia tidak tersedak
  • Setelah kejang berangsur reda, biarkan ia tidur dan beristirahat. Terus awasi anak hingga anak terbangun dan sadar sepenuhnya
  • Bawa ke dokter sesegera mungkin untuk mencari tahu apa penyebabnya. Ukur suhu anak saat kejang, amati seberapa lama kejang dan apa yang terjadi saat kejang, karena semua informasi ini dibutuhkan oleh dokter

 

Saat harus ke dokter

  • Tidak memiliki riwayat kejang sebelumnya
  • Kejang kambuhan terjadi sangat sering dan kejang susulan terjadi
  • Bayi masih teler, setelah lebih dari 2 jam kejang usai
  • Kejang pertama berlangsung lebih dari 5 menit
  • Kejang pada anak dengan epilepsi berlangsung lebih dari 10 menit (Jika tidak berlangsung lebih dari 30 menit, insidensi epilepsi tidak akan melukai otak)

 

Nah moms, sekarang sudah tau kan tentang gejala, penyebab, cara mengatasi serta waktu yang diharuskan untuk ke dokter saat terjadi kejang pada bayi. Awasi terus tumbuh kembang si kecil termasuk kesehatan dan asupan gizinya. Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi sejak lahir. Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal ASI perlu diberikan sampai 2 tahun. Untuk melimpahkan ASI moms bisa cobain ASI Booster Tea pelancar asi yang bisa limpahkan ASI hingga 900% Halal, aman untuk ibu dan bayi serta telah tersertifikasi UKOT dan berstandar CPOTB

Info seputar ibu hamil dan menyusui www.nakibu.com

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)