Ini…Cara Efektif Atasi Bengkak Pada Payudara

Ini…Cara Efektif Atasi Bengkak Pada Payudara

Comments Off on Ini…Cara Efektif Atasi Bengkak Pada Payudara

Ibu menyusui kerap mengalami hal ini khususnya pada 3-5 hari setelah bayi lahir namun hal ini juga bisa terjadi kapan saja, produksi ASI yang semakin meningkat membuat payudara terasa penuh dan bengkak. Bila tak cepat ditangani hal ini akan berakibat pada sumbatan aliran susu atau infeksi payudara. Oleh sebab itu penanganan dan pencegahan dini pembengkakan payudara sangat dibutuhkan.

Tanda-tanda yang biasanya dirasakan oleh bunda seperti payudara bengkak, puting tampak datar, kemerahan, berasa hangat, nyeri dan berdenyut terkadang hingga demam seperti gejala mirip infeksi.

Saat masa menyusui, wajar payudara akan menjadi lebih besar, berat dan terasa sedikit nyeri ketika produksi asi meningkat. Namun terkadang terjadi pembengkakan yang tidak wajar, sehingga menyebabkan payudara terasa lebih keras dan nyeri berlebihan.

Untuk mencegah hal itu, sering-seringlah menyusui, menyusui kapanpun bayi menginginkannya, misal bayi lebih banyak tertidur perlahan bangunkan ia untuk menyusu hal ini juga agar bayi terhindar dari dehidrasi, bila sedang bekerja bunda bisa memompa asi misal setiap 4 jam sekali agar payudara yang terasa penuh akan berkurang.

Berikut adalah beberapa tips alias cara efektif untuk mengatasi payudara yang bengkak:

  1. Kompres dengan air hangat diantara waktu menyusui agar rasa nyeri berkurang
  2. Lebih sering menyusu pada payudara yang terasa bengkak
  3. Pijat payudara dengan lembut sebelum menyusui atau keluarkan ASI dengan pompa agar payudara, puting, aerola menjadi lunak
  4. Pakai pakaian dan bra yang nyaman, tidak ketat
  5. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang serta minum yang cukup
  6. Istirahat dengan cukup
  7. Jika pembengkakan payudara terjadi lebih dari dua hari, konsultasi ke dokter

Demikian adalah beberapa cara yang bisa bunda lakukan saat payudara terasa bengkak, produksi asi yang melimpah adalah anugrah untuk kebanyakan ibu menyusui, namun untuk sebagian ibu menyusui yang tidak memiliki produksi asi yang melimpah, disebabkan oleh beberapa hal. Bisa dibantu dengan banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi, tidak hanya dari sisi gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya, Pastikan juga dapat membantu proses menyusui atau memperlancar asi. Salah satu contohnya ASI Booster Tea, dengan kandungan bahan herbal yang telah diyakini oleh jutaan ibu menyusui dalam memperlancar dan melimpahkan ASI.

Info Seputar ASI dan ibu menyusui kunjungi aja www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)