Ini Curhat Sharena Delon Saat Terkena Mastitis

Ini Curhat Sharena Delon Saat Terkena Mastitis

Comments Off on Ini Curhat Sharena Delon Saat Terkena Mastitis

Pasangan selebritas Ryan Delon dan Sharena Gunawan dikaruniai anak kedua mereka pada 22 September 2018 lalu. Anak kedua mereka yang berjenis kelamin perempuan ini diberi nama Sea Dedari.

Sharena Delon menjalani persalinan yang lancar dengan cara gentle birth, dengan proses hanya 1,5 jam saja. Prosesnya terasa mudah dan berjalan sesuai rencana.  Proses kelahiran Sea yang lancar yang kemudian dilanjutkan dengan fase menyusui  ini memang membuat iri banyak ibu baru lainnya.

Bila moms sering melihat story atau postingan IG dari selebriti yang satu ini pasti tahu. Sharena memiliki stok ASI yang berlimpah. Sekilas ia tidak punya masalah dengan fase menyusui. Namun, tak bisa dipungkiri apa yang terlihat di media sosial kadang memang tidak seindah realitanya

Ternyata dalam proses mengASIhi Sharena Delon tidak semulus yang dibayangkan, bagi moms yang pernah terkena mastitis, tentu tahu apa yang sedang dialami oleh seleb Sharena Delon. Ia mengalami mastitis ketika menyusui anak keduanya. Sewaktu meng-ASI-hi anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki, Rysaka Dharma, ia tidak mengalaminya. Meskipun produksi ASI-nya sama-sama berlebih dan kadang bengkak, tapi langsung sembuh setelah Ry menyusu.

Ini curhat Sharena melalui akun instagramnya pada tanggal 13 November 2018 lalu,

“Mungkin yang sering liat IG stories-ku mompa ASI berbotol2 bisa berfikir perjalanan meng-ASI-hi-ku mudah dan lancar jaya. Believe me, it hasn’t been easy. Why? Dengan punya anak cewek yang nyusunya imut2 diiringi dengan produksi ASI-ku yang berlebih, PD-ku gampang banget bengkak parah. Sudah mastitis 1x dan “nyaris mastitis” seringkali. Yang pernah ngalamin pasti tau sakitnya mastitis itu ngalah2in lahiran,” ungkapnya dengan mencantumkan emoji menangis.

Tahukah moms, apa itu mastitis?

 Berdasarkan data WHO, sekitar 10% dari wanita menyusui mengalami mastitis. Mastitis biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama setelah melahirkan atau pada saat menyapih. Mastitis adalah infeksi yang seringkali menyerang wanita yang sedang menyusui atau menyapih anaknya atau bisa disebut juga peradangan pada jaringan payudara.

Sharena Delon sendiri baru mengalami mastitis ketika usia Sea dua minggu. Saat itu payudaranya membengkak disertai demam meriang, dan kesakitan ketika menyusui.

Tanda-tanda Mastitis

  • Payudara memar kemerahan
  • Payudara perih saat menyusui
  • Payudara sering gatal
  • Puting mengeluarkan nanah
  • Ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan
  • Terdapat benjolan menyakitkan di payudara
  • Terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak
  • Sering merasa lelah
  • Demam dan mengalami gejala menyerupai flu

Penyebab Mastitis

Infeksi pada payudara atau mastitis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab mastitis paling umum:

Infeksi bakteri

Biasanya bakteri ini berasal dari mulut bayi dan permukaan kulit payudara. Bakteri penyebab mastitis umumnya adalah Staphylococcus dan Streptococcus yang menginfeksi jaringan payudara melalui luka di puting maupun saluran air susu.

Saluran ASI yang tersumbat

Penyumbatan yang dimaksud adalah ketika ASI yang tersisa mengendap di dalam saluran susu. Komplikasinya dapat berupa infeksi payudara

Selain itu, faktor lain seperti :

  • Luka pada puting payudara.
  • Menyusui hanya dengan satu payudara.
  • Frekuensi menyusui yang tidak teratur.
  • Memakai bra yang terlalu ketat.
  • Kelelahan, kurang gizi
  • Pernah mengalami mastitis di masa lalu.

Langkah-langkah Mengobati Mastitis

Meski mastitis harus tetap menyusui meski terasa menyakitkan. Menghentikan pemberian ASI, justru akan memperburuk kondisi. Selain tetap menyusui, berikut beberapa langkah mandiri yang bisa diterapkan jika Anda terkena mastitis:

  • Susuilah bayi sesering mungkin pada posisi yang nyaman dan berganti sisi.
  • Jika bayi tidak menyusui dalam jumlah banyak, pompalah ASI
  • Pijat payudara Anda dengan lembut saat menyusui untuk memperlancar ASI.
  • Hindari memakai bra yang terlalu ketat.
  • Istirahat yang cukup agar tubuh tidak mudah lelah.
  • Cukupilah kebutuhan cairan tubuh agar metabolisme tubuh lancar.
  • Kompres payudara dengan kain yang telah direndam dalam air hangat, atau mandi dengan air hangat, guna membantu menghilangkan rasa sakit

Jika langkah-langkah di atas tidak mampu mengurangi gejala mastitis, dibutuhkan penanganan secara medis.

Masalah mastitis yang dialami Sharena Delon karena produksi ASInya melimpah. Ternyata rahasia produksi ASI melimpah ala Sharena Delon yaitu minum ABT Superdrink sebagai pelancar ASI andalannya selain buatnya gampang karena tinggal TAM (tuang aduk minum). Khasiatnya manjur banget ASI jadi lancar dan melimpah.

Info seputar ibu hamil dan menyusui www.nakibu.com

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)