Ini Kandungan ASI yang Sempurna

Ini Kandungan ASI yang Sempurna

Comments Off on Ini Kandungan ASI yang Sempurna

ASI kependekan dari Air Susu Ibu ini merupakan makanan yang sempurna yang diciptakan oleh Allah untuk perut mungil bayi yang belum sempurna. ASI disediakan oleh Tuhan melalui sang ibu kepada anaknya agar tercipta ikatan batin antara ibu dan anak.

ASI memiliki kandungan air sebanyak 87.5%, sehingga cukup menghilangkan rasa haus si bayi tanpa perlu lagi memberi tambahan air walaupun berada di tempat yang mempunyai suhu udara panas. Kekentalan ASI sesuai dengan saluran cerna bayi, sedangkan susu formula lebih kental dibandingkan ASI. Hal tersebut yang dapat menyebabkan terjadinya diare pada bayi yang mendapat susu formula.

Terdapat beberapa zat gizi dan zat protektif yang terkandung dalam ASI yang memberikan manfaat untuk kesehatan bayi, yaitu :

1. Kolostrum

Kolostrum merupakan cairan kental berwarna kekuning-kuningan yang dihasilkan pada sel alveoli payudara ibu disaat pertama kali setelah proses melahirkan selesai. Kolostrum dihasilkan tidak dalam jumlah banyak tetapi sesuai untuk kapasitas pencernaan bayi dan kemampuan ginjal bayi baru lahir yang belum mampu menerima makanan dalam volume besar.

2. Protein

Protein dalam ASI terdiri atas Casein (yang sulit dicerna) dan Whey (yang mudah dicerna), serta ternyata komposisi protein dalam ASI lebih banyak mengandung Whey daripada Casein sehingga akan mudah dicerna. Hal berbeda pada komposisi protein dalam susu sapi, dimana kandungan Caseinnya lebih banyak dibandingkan dengan Whey, sehingga seringkali menimbulkan permasalahan pencernaan pada bayi.

3. Lemak

Lemak adalah penghasil kalori (energi) utama dan merupakan komponen zat gizi yang sangat bervariasi.

4. Laktosa

Laktosa merupakan karbohidrat utama pada ASI yang fungsinya sebagai sumber energi dan meningkatkan penyerapan (absorbsi) kalsium serta merangsang pertumbuhan laktobasilus bifidus.

5. Laktobasilus

Laktobasilus bifidus merupakan zat gizi yang berfungsi menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan seperti bakteri E. Coli yang sering menyebabkan diare pada bayi.

6. Laktoferin

Laktoferin merupakan zat gizi yang bermanfaat untuk menghambat bakteri stafilokokus dan jamur kandida.

7. Vitamin A

Vitamin A sebagai zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan dalam ASI kandungannya dalam konsentrasi sebesar 200 IU/dl, ini sesuai dengan kebutuhan bayi selama masa pertumbuhan dari usia 0 – 24 bulan.

8. Zat Besi

Zat Besi yang terkandung dalam ASI memang sedikit, yaitu 0,5-1,0 mg/liter, namun ternyata bayi yang menyusui dengan ASI sangat jarang mengalami kekurangan zat besi (anemia). Hal tersebut dikarenakan zat besi pada ASI lebih mudah diserap.

9. Taurin

Taurin berupa asam amino dan berfungsi sebagai neurotransmitter, tetapi juga berperan penting dalam maturasi otak bayi.

10. Lisozim

Lisozim adalah zat gizi yang berguna untuk memecah dinding bakteri sekaligus mengurangi insiden karies Dentis dan Maloklusi (kebiasaan lidah yang terdorong ke depan akibat menyusu dengan botol dan dot).

11. DHA dan AA

Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA) merupakan asam lemak esensial yang berperan penting dalam pertumbuhan otak bayi sampai usia 1 tahun, serta jumlahnya dalam ASI sangat mencukupi untuk menjamin pertumbuhan dan kecerdasan bayi.

12. Sel Darah Putih

Kumpulan sel darah putih adalah pasukan siap tempur yang amat protektif, mempunyai kemampuan membunuh kuman secara langsung maupun tidak langsung dan ASI amat kaya dengan sel darah putih atau leukosit, terutama pada kolostrum.

13. Antibodi atau Imonoglobulin Utama yaitu IgA, IgE dan IgM

Jumlah imonoglobulin terbanyak pada kolostrum, seiring dengan waktu persentasenya menurun, akan tetapi karena produksi ASI nya meningkat maka total imonoglobulin yang diterima bayi relatif sama bahkan meningkat selama periode ASI eksklusif.

Nah.. sekarang sudah tau kan kandungan sempurna nya ASI?

Ayo berikan ASI dan tinggalkan sufor ^^v

Lantas.. bagaimana dengan ibu yang sibuk bekerja namun tetap ingin memberikan ASI kepada anaknya? Bagaimana dengan ibu yang ASI nya sedikit?

Tenaaaangg… Jangan putus asa dulu ya. ASI BOOSTER TEA diciptakan untuk membantu para ibu agar tetap memberikan ASI kepada anaknya. #asiboostertea membantu melancarkan ASI dengan tetap menyusui/pumping ya.

Info mengenai #asiboostertea Kunjungi www.asi.web.id atau sms 08230 250 1966

Happy Breastfeeding mom 🙂

*disarikan dari berbagai sumber

#asi #asip #asiperah ##airsusuibu #kandunganasi #asisejutamanfaat #asiyangterbaik #asiboostertea #pelancarasi #asiboosterteaterbaik #asiboosterteabagus #bagus #ampuh #terbaik #manjur #berkhasiat #asilancar #solusiasiseret #busui #ibumenyusui #bumil #ibuhamil

 

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)