Menyusui di tempat umum? Kenapa tidak?

Menyusui di tempat umum? Kenapa tidak?

Comments Off on Menyusui di tempat umum? Kenapa tidak?

Bagi kebanyakan busui, kegiatan menyusui di tempat umum terkadang memunculkan rasa risih atau malu. Tapi jangan sampai si dedek kehilangan momen mendapatkan ASI karena perasaan negatif tadi muncul ya bun.

bunda lia guru (Medium)

Memang bukan hal yang mudah tapi tak sulit bila bunda mengetahui trik-trik kiat menyusui di ditempat umum seperti dibawah ini:

  1. Rajin berlatih agar dapat menyusui dengan rapi

Rajinlah berlatih agar rasa nyaman, percaya diri bayi dan bunda dapat terjaga saat menyusui meski ditempat umum, sebagai contoh: bisa menyusui sikecil berkeliling lakukan didalam rumah, seringlah bercermin agar bunda tau apa yang diliat orang lain ketika itu, sebisa mungkin tidak menarik perhatian orang lain saat menyusui ditempat umum tetapi kontak mata bunda saat menyusui dengan sikecil tetap terjaga.

  1. Pilih pakaian yang sesuai dan nyaman untuk ibu menyusui

Salah satu kunci menyusui nyaman ditempat umum adalah pilih pakaian yang pas, cocok dan sesuai untuk ibu menyusui sebagai contoh: pakaian dengan kancing depan, atasan baju khusus baju ibu menyusui, temukan model baju yang anda rasa paling nyaman dan tepat untuk menyusui di tempat umum.

>>> Mau coba bisnis ini? Sebulan bisa dapat >50juta bersih! Ayo jadi agen pelancar ASI Shireen Sungkar ini!

  1. Pilih bra yang sesuai untuk ibu menyusui

Selain pakaian yang sesuai, pilih Bra khusus ibu menyusui juga, dengan cup yang mudah untuk membuka dengan satu tangan dapat membuatnya mudah untuk memulai menyusui bayi Anda, tapi refastening cup bra sering memerlukan dua tangan. Desain bra menyusui yang dapat anda pilih sesuai kenyamanan anda.

  1. Temukan tempat yang tepat dan usahakan bersifat privasi

kenali tempat tujuan anda, bila ada ruang khusus menyusui (nursing room) pilihlah tempat itu namun bila tak ada cobalah duduk, bila memungkinkan pilih tempat yang memberi sedikit privasi. Hindari menyusui di toilet karena tidak higienis dan tidak nyaman untuk ibu dan bayi.

  1. Beri ASI sebelum berpergian

Cara terbaik untuk mencegah bayi lapar dan rewel sebelum berpergian, memberikan ASI saat masih dirumah bentuk waspada yang paling baik, tapi jangan menunda menyusui bayi saat mereka lapar ya bunda kapanpun dan dimanapun itu.

  1. Buat bayi nyaman, pastikan udara masuk tetap optimal

Bila bunda memakai alat penutup saat menyusui sikecil, pastikan sikecil bisa mendapatkan udara yang optimal. Pikirkan keperawatan dalam hal menutupi bayi bunda, di bawah pakaian bunda selain menutupi bagian dada, bunda masih bisa melihat sikecil, sebagai contoh gunakan jaket cardigan atau sweater yang dapat menyediakan ruang udara masuk. Selain itu dapat pula menggunakan selimut ringan atau selendang di bahu Anda dan atas bayi.

  1. Lakukan secara alami dan wajar

Lakukan secara alami dan wajar jangan menarik perhatian orang jangan gugup dan tetaplah tenang, bila tak ada tempat yang cukup baik, tundukkan badan bunda saat membuka baju dan menempelkan mulut bayi ke dada. Setelah bayi mulai menyusu, rapikan baju Anda, lalu tegakkan kembali badan Anda. Lakukanlah dengan wajar, yakin yang dilakukan bunda adalah demi tumbuh kembang sang buah hati secara optimal.

Tumbuh kembang bayi yang optimal juga ditandai oleh cukup tidak si kecil minum ASI, terdapat 9 indikator bayii cukup ASI yang diulas lengkap di sini
Bunda tidak perlu merasa gugup, kikuk bahkan ragu atau tidak nyaman menyusui bayi di tempat umum. Menyusui bayi adalah hal yang benar dan alamiah untuk mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal. Bila seseorang memperhatikan bunda, balaslah pandangan mereka dengan senyum ramah, sehingga mereka mengalihkan pandangannya dan hal ini membuktikan bahwa bunda sadar betul bahwa ini merupakan kegiatan alamiah yang penting untuk sang buah hati.

Anda dapat memulai dengan mempersiapkan mental, motivasi serta dukungan dari keluarga terutama suami tercinta, selain itu persiapkan semua peralatan yang mendukung seperti apron menyusui, baju ibu menyusui, bra yang khusus untuk menyusui atau menggunakan selimut bayi yang cukup besar dan mendukung. Rajinlah berlatih dirumah menggunakan peralatan itu agar bayi juga menjadi terbiasa dan merasa tetap nyaman.

dari bidankucom dan ayahbundacoid

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)