Jangan Sampai Salah! Ini Cara Tepat Membersihkan Botol Susu

Jangan Sampai Salah! Ini Cara Tepat Membersihkan Botol Susu

Comments Off on Jangan Sampai Salah! Ini Cara Tepat Membersihkan Botol Susu

Membersihkan botol susu si kecil tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar si kecil terhindar dari bakteri dari sisa susu di botol bayi.

 

Memiliki bayi atau balita, artinya bunda harus bersiap-siap dengan segala tugas ekstra dalam hal membersihkan peralatan dan perlengkapan bayi seperti pakaian, mainan, peralatan makan dan botol susu si kecil.

Dibawah usia 3 tahun daya tahan tubuh anak masih sangat rentan, sehingga semua benda yang masuk kedalam mulut bayi harus dijaga kebersihannya agar terhindar dari bakteri dan kuman.

Sebagai tempat minum ASI maupun susu formula, botol bayi harus benar-benar dijaga kebersihannya. Botol susu yang tidak bersih, sangat rentan terhadap kontaminasi bakteri. Ketika digunakan untuk minum ASI atau susu formula, bakteri tersebut bias ikut masuk kedalam perut si kecil dan menyebabkan infeksu perut, misalnya diare.

 

Cara Tepat Membersihkan Botol Susu Si Kecil

 

  1. Segera Cuci Botol Susu Yang Telah Digunakan

Jangan biarkan sisa-sisa susu mengendap lama di dasar botol karena hanya akan membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan.

  1. Lepaskan Semua Bagian Botol

Tutup botol, dot, dll semua harus dilepaskan, tujuannya agar semua bagian botol dapat dibersihkan secara maksimal.

  1. Bersihkan Bagian Luar Botol

Bagian luar botol ini bias dibersihkan menggunakan spons pembersih, termasuk bagian dasar botol, tutup botol, mulut botol yang berulir. Disinilah biasanya sisa-sisa susu tertinggal karena pembersihan yang kurang teliti.

  1. Gunakan Juga Sabun Khusus

Menggunakan sabun khusus untuk membersihkan botol susu si kecil juga sangat dianjurkan. Karena sabun khusus untuk membersihkan botol susu si kecil ini sudah memperhatikan keamanan dan kandungan yang ada dalam pembersih untuk kesehatan si kecil.

Namun, Parents juga harus selalu memperhatikan kandungan dalam sabun pembersihnya ya.

  1. Gunakan Sikat Botol

Sikat botol ini untuk membersihkan botol sampai ke bagian dalam. Dan bunda juga harus menggunakan sikat khusus dot yang lebih langsing dan berbulu halus untuk membersihkan hingga ke dalam dot. Selalu bersihkan dengan teliti, termasuk lekukan pada dasar dot, ujung dot, atau lipatan dot. Pastikan tidak ada sisa-sisa susu yang tertinggal.

  1. Bilas Hingga Bersih

Membilas botol susu bayi juga tidak bisa sembarangan, selalu bilas botol susu bayi menggunakan air matang yang mengalir. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di botol susu bayi.

  1. Keringkan Botol Susu Bayi

Botol susu yang sudah kering bisa diangin-anginkan atau diletakkan di atas alas pengering. Atau sesekali disterilkan menggunakan sterilizer.

Pastikan bunda menyimpan botol susu yang telah bersih ditempat yang bersih dan tertutup agar tidak terkontaminasi dengan kotoran.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)