Ketuban pecah? Terus gimana?

Ketuban pecah? Terus gimana?

Comments Off on Ketuban pecah? Terus gimana?

Pernah dengar istilah KPD? yaps KPD, ketuban Pecah Dini. Kira-kira apa yang akan dilakukan mam saat pertama kali mengalami hal itu?

Panik? bingung? atau langsung bertindak menuju rumah sakit/klinik bersalin?

Sebelum membahas lebih dalam, mari kita bahas dulu apasih air ketuban itu.

Air ketuban atau cairan amnion adalah cairan yang terdapat dalam rongga rahim. Awalnya cairan ini diproduksi oleh plasenta, namun seiring dengan pertumbuhan organ-organ janin, cairan tersebut diproduksi oleh janin sendiri, yakni dari air seni janin.

Ketika selaput ketuban pecah secara otomatis air ketuban keluar hal ini wajar terjadi menjelang persalinan, namun bila ketuban pecah di kehamilan yang belum cukup bulan atau sering disebut dengan KPD (Ketuban Pecah Dini) membuat sebagian besar mam merasa takut dan cemas. Sebenarnya hal ini jarang terjadi, hanya <15% kehamilan. Penyebabnya beragam antara lain: leher rahim yang pendek, trauma, selaput ketuban terlalu tipis, cairan ketuban berlebih infeksi (contoh: bacterial vaginosis).

Apa yang dilakukan Mam saat pertama kali terjadi KPD?

Kontrol perasaan mam untuk tetap tenang dan posisikan diri untuk tidak berdiri atau berjalan karena aliran akan semakin deras jika mam dalam posisi itu. Segera pergi ke rumah sakit/ klinik bersalin terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Pada umumnya saat KPD, cairan ketuban yang mengalir akan lebih banyak dan cepat habis karena mulut rahim tidak disumbat oleh kepala janin sebab kepala janin belum turun ke rongga panggul.

Apa sebenarnya manfaat air ketuban?

  • Membantu janin bergerak bebas
  • Untuk menahan janin dari trauma benturan
  • Melindungi kedua sisi membran timpanik pada telinga bayi
  • Sebagai sistem imunitas janin dari serangan jenis virus dan bakteri
  • Sebagai cadangan cairan dan sumber nutrien bagi janin untuk sementara
  • Berguna untuk perkembangan paru-paru
  • Berperan untuk membersihkan jalan lahir ketika kantung ketuban pecah di waktu persalinan
  • Sebagai alat pendeteksi kelainan yang dialami janin, khususnya berhubungan dengan kelainan kromosom
  • Kandungan lemak dalam air ketuban sebagai penanda janin sudah matang atau lewat waktu
  • Berperan dalam meratakan tekanan atau kontraksi di dalam rahim, sehingga leher rahim terbuka saat persalinan

 

Berapa jumlah air ketuban?

Jumlah air ketuban tergantung pada usia kehamilan dan perkembangan janin. Pada kehamilan di atas 7 bulan kurang lebih jumlahnya berkisar 1-2 liter.

Jumlah air ketuban akan sedikit berkurang menjelang hamil tua. Selain dapat berkurang volumenya, air ketuban juga dapat berubah warna menjadi keruh atau kehijauan. Air ketuban yang jernih menunjukkan janin cukup memperoleh nutrisi, cairan dan oksigen dari plasenta.

 

Penyebab jumlah air ketuban berlebih biasanya disebabkan oleh adanya gangguan saluran pencernaan berupa sumbatan dan penyebab jumlah air ketuban berkurang selain akibat hamil lewat waktu, juga akibat gangguan pada ginjal dan saluran kemih janin yang ditandai dengan kencing yang sedikit.

 

Setiap 3 hari air ketuban diperbarui jadi yang ada bukanlah cairan yang sama sepanjang kehamilan

 

Nah, jadi begitu gambaran tentang air ketuban dan hal yang dilakukan bila terjadi KPD (Ketuban Pecah Dini). Mam tak perlu takut, khawatir, bingung ataupun panik sehingga tak tau apa yang harus dilakukan saat terjadi hal itu. Tetaplah tenang dan segera bertindak.

 

Buat calon mam baru, tetap jaga kesehatan dengan rutin olahraga ringan dipagi hari, usahakan konsumsi makanan atau minuman yang kaya akan gizi, ditambah lagi bila masa menyusui telah tiba, konsumsi makanan atau minuman yang dapat membantu proses menyusui misal ASI booster tea, kandungan bahan herbalnya telah menemani jutaan ibu menyusui dalam memperlancar dan melimpahkan ASI.

 

Info seputar ASI dan Menyusui, Kuy googling aja di www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)