Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

No Comments on Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

Manfaat berenang untuk ibu hamil ini patut untuk dipertimbangkan sebagai olahraga yang aman untuk bunda dan janin. Kondisi janin pun bisa lebih sehat.

Pada saat hamil, banyak ibu hamil yang enggan untuk berolahraga karena khawatir bayi akan terguncang ataupun khawatir jika janin bermasalah. Namun, tahukah bunda berenang untuk ibu hamil adalah olahraga yang sangat efektif dan memiliki banyak manfaat.

Apa saja manfaat berenang untuk ibu hamil yang perlu bunda ketahui :

  1. Latihan fisik yang membuat kesehatan tubuh maksimal

Penelitian menunjukkan ibu yang sudah berenang sejak trimester pertama memiliki kesempatan untuk bisa melahirkan lebih mudah dan cepat daripada yang tidak berenang, bumil yang berenang juga memiliki punggung yang lebih sehat daripada bumil yang tidak berenang.

Berenang juga bisa membuat ibu hamil lebih rileks dan bisa bergerak dengan bebas. Berenang ini juga mengurangi resiko keguguran akibat adanya pergerakan otot perut yang berlebihan yang berakibat ke janin.

  1. Perbaikan system kardiovaskuler, respirasi (pernapasan), dan peredaran darah

Karena tekanan dalam air berbeda, maka sirkulasi darah, getah bening, dan paru-paru ibu hamil bisa berfungsi dengan baik. System pernapasan yang baik akan membuat janin cukup mendapat oksigen.

  1. Menghilangkan pembengkakan dan varises

Varises dan pembengkakan adalah dua masalah serius yang sering dialami ibu hamil. Nah, berenang untuk ibu hamil dapat memabntu menghilangkan ketegangan dan rasa sakit pada tubuh.

  1. Memperkuat system imun tubuh

Suhu di dalam air dan udara didarat memiliki efek positif pada kekebalan tubuh bunda dan janin di dalam kandungan.

  1. Melatih pernapasan ibu dan bayi

Melatih pernapasan tidak hanya dilakukan saat berenang saja, namun berenang atau menyelam membuat prosesnya lebih alami. Ini juga akan membuat pernapasan janin juga lebih kuat dan sehat.

Selama persalinan bayi akan berpotensi mengalami anksia (kekurangan oksigen). Latihan pernapasan saat berenang tidak hanya melatih paru-paru ibu tetapi juga paru-paru janin yang sedang berkembang dalam kandungan.

  1. Menjaga berat badan

Untuk bunda yang khawatir berat badan naik drastis saat hamil, berenang menjadi solusi untuk membakar kalori dalam tubuh, berenang membantu membakar 600 kalori dalam tubuh. Jadi, jika naik berat badannya tidak banyak saat hamil, perjuangan mengurukan badan pasca melahirkan juga tidak akan terlalu berat kan bun…

  1. Kestabilan emosi

berenang untuk ibu hamil akan meningkatkan kepercayaan diri ibu hamil dan membuat kondisi mental ibu jadi lebih stabil. Bunda tidak akan mengalami tekanan psikis ketika sedang mengandung maupun melahirkan.

  1. Posisi janin yang sempurna

Berenang saat hamil akan membantu bayi memiliki posisi yang tepat di dalam Rahim. Selain itu,  berenang juga dapat menghilangkan resiko adanya plasenta previa.

Jika bunda masih ragu apakah berenang adalah olahraga yang aman dan tepat untuk bunda, bunda bisa berkonsultasi ke dokter kandungan. Pertimbangkan juga adanya reaksi alergi terhadap klorin, flek pada vagina, dan adanya kemungkinan tinggi pada kondisi kehamilan tertentu.

About the author:

Related Posts

Leave a comment

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)