7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Comments Off on 7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Banyak sekali manfaat puasa bagi tubuh kita yang tak terdug. Manfaat ibadah puasa yang baik bagi tubuh kita ini pastinya menambah semangat dan ibadah puasa makin lancar, bukan?

Manfaat puasa ini tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja loh, tapi juga bermanfaat pada kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa yang jarang diungkap.

 

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Saat berpuasa, sistem pencernaan kita dapat istirahat, setelah sebelas bulan bekerja keras mengolah makanan selama 24 jam. Hal ini bisa membantu metabolisme tubuh untuk bekerja lebih baik dalam membakar kalori. Berpuasa juga bisa menyehatkan usus dan pencernaan kita loh.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat puasa, tubuh mengurangi radikal bebas yang masuk kedalam tubuh melalui makanan. Ketika tubuh beristirahat mencerna dan mengolah makanan selama berpuasa, sistem kekebalan tubuh kita bekerja mengatur kondisi peradangan pada tubuh dan mencegah pembentukan dan pertumbuhan sel kanker. Hasilnya, sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi.

  1. Memperbaiki Pola Makan

Puasa dapat mengatasi pola makan yang tidak teratur bagi anda yang mengalaminya. Seperti pola makan yang tidak teratur atau makan yang terlalu berlebihan.

Namun, selama berpuasa kita akan makan dengan teratur dan dengan waktu yang terbatas, sehingga kita lebih terlatih untuk makan dengan teratur dan secukupnya.

  1. Mengendalikan Rasa Lapar

Selama puasa kita tidak makan selama 14 jam. Padahal ketika tidak berpuasa 3-4 jam kita sudah merasa lapar. Hal ini karena berpuasa membantu mengatur hormon yang berperan dalam mengatur rasa lapar. Sehingga kita hanya akan merasa lapar saat tubuh benar-benar membutuhkan makanan.

  1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin Pada Tubuh

Insulin adalah hormon yang mengendalikan kadar gula dalam darah kita yang di produksi oleh pancreas. Insulin ini berperan untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi energi yang akan disebarkan ke seluruh tubuh.

Saat berpuasa, sensitivitas insulin meningkat, sehingga tubuh dapat mentoleransi karbohodrat dengan lebih baik. Sehingga kadar gula dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik.

  1. Mengatasi Jerawat

Siapa sangka puasa juga bisa membantu membuat kulit lebih bersih dan mencegah munculnya jerawat. Ketika tubuh beristirahat dalam proses mencerna makanan, sistem regeneratif sel bekerja lebih baik dalam menjaga kesehatan kulit.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa lainnya adalah meningkatkan protein BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor) di otak. BDNF ini berperan untuk mengaktifkan sel induk di dalam otak yang kemudian diubah menjadi sel saraf baru, dan juga dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf.

BDNF ini juga melindungi sel otak dari kerasukan yang bisa menyebabkan penyakit pikun.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)