Mau Memotong Kuku Si Kecil? Perhatikan Hal ini!

Mau Memotong Kuku Si Kecil? Perhatikan Hal ini!

Comments Off on Mau Memotong Kuku Si Kecil? Perhatikan Hal ini!

Kebersihan sangat berkaitan dengan kesehatan baik untuk orang dewasa maupun pada bayi. Kuman dan bakteri akan mencari celah untuk dapat masuk dalam tubuh. Bila kuman atau bakteri telah masuk ia akan berkembang biak juga didalamnya, terutama bila tubuh tidak bersih. Menjaga kebersihan tubuh sangatlah penting apalagi pada bayi kuman semakin mudah masuk sebab sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Menjaga kebersihan tubuh menjadi penting untuk diperhatikan salah satunya adalah bagian kuku si kecil. Karena pada bagian ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga memotong kuku haruslah dilakukan dengan rutin. Bila bunda sudah melihat dan mendapati kuku si kecil panjang dan runcing, maka sebaiknya segera persiapkan perlengkapan untuk memotong kuku bayi agar menjadi lebih bersih dan pendek.

 

Sebagian besar orang tua takut memotong kuku kecil bayi. Namun hal ini harus dilakukan demi menjaga kebersihan dan kesehatan si kecil.

 

Berikut cara aman memotong kuku pada bayi :

 

  1. Usahakan rutin dalam memotong kuku

Bagian kuku si kecil adalah bagian yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Oleh sebab itu, bunda harus rutin dalam memotong kuku, perhatikan setiap kuku si kecil panjang segera potong. Bisa bunda lakukan 2x dalam seminggu atau bisa disesuaikan setiap kuku si kecil panjang.

 

  1. Bersihkan dan gunakan alat khusus bayi

Sebelum menggunakan alat pemotong kuku yang khusus untuk bayi sebaiknya dibersihkan dengan alkohol 70% untuk memastikan alat yang digunakan benar-benar bersih. Menggunakan alat pemotong kuku yang khusus bayi akan jauh lebih aman karena ukurannya yang sudah disesuaikan dengan kuku kecil bayi.

 

  1. Perhatikan tempat

Potong kuku bayi di tempat yang terang karena hal ini penting untuk keselamatan saat memotong kuku si kecil. Cari tempat yang terang dan nyaman untuk bayi dan bunda saat memotong kuku lakukan dengan perlahan dan teliti.

 

  1. Waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi

Sebaiknya memotong kuku bayi yaitu saat bayi berada pada posisi tertidur, saat bayi lelap tertidur ia akan lebih diam dan tenang. Selain saat ia tertidur bunda bisa lakukan setelah si kecil selesai mandi.

 

Nah, itu tadi beberapa hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin memotong kuku kecil bayi. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati, usahakan setiap memotong kuku si kecil sedang berada pada keadaan tenang dan diam.

 

Selalu awasi dan perhatikan tumbuh kembang di kecil, kebersihan dan kesehatannya. Termasuk soal asupan sehatnya, untuk bayi yang belum memasuki masa MPASI bunda bisa beri Full ASI untuk melimpahkan dan melancarkan ASI bunda bisa coba pelancar ASI ampuh yang satu ini ASI Booster Tea dan ABT Superdrink. Sedangkan untuk bayi yang telah memasuki masa MPASI bunda bisa coba Rufani Snack Mpasi untuk cemilan dan lauk MPASI si kecil Rufani snack ini cemilan bayi yang menyehatkan dan kaya gizi. Solusi GTM untuk si kecil. Cobain deh!

 

Info tentang ASI dan Menyusui klik www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)