meski puting terbenam, wanita tetap bisa menyusui!

meski puting terbenam, wanita tetap bisa menyusui!

Comments Off on meski puting terbenam, wanita tetap bisa menyusui!

Detikcom – Bentuk dan ukuran payudara setiap perempuan memang berbeda. Ada perempuan yang memiliki kondisi puting payudara terbenam sehingga tidak percaya diri saat akan memberikan air susu ibu (ASI) kepada si buah hati. Tapi jangan khawatir, puting payudara yang terbenam masih bisa menyusui lho.

“Menyusui itu tidak pada puting, tapi aerola. Ibu bisa ‘memancing’ puting agar keluar sedikit saja dengan nipple puller, setelah itu biarkan bayi menghisapnya,” tutur dr. Edi Setiawan Tehuteru Sp. A(K), MHA, IBCLC dalam diskusi ‘Mitos dan Fakta Seputar ASI’ di Rumah Anyo, Jl Anggrek Nelli Murni, Slipi, Jakarta Barat, dan ditulis pada Rabu (13/11/2013).

“Sebab, bentuk dan ukuran payudara nggak pengaruh ke produksi ASI. Bentuk dan ukuran dipengaruhi komposisi lemak di payudara, kalau pabrik ASI-nya sih sama aja,” imbuh dr Edi.

Maka dari itu, semua ibu tak perlu khawatir dia tidak bisa menyusui. Apalagi, jika ibu bekerja, maka ia tetap bisa memerah ASI untuk anaknya. Caranya, jempol dan telunjuk diletakkan di perbatasan aerola, lalu tarik ke belakang, dan tekan, lalu lepas, begitu seterusnya. Nah, saat menyimpan ASI, sebaiknya menggunakan botol beling atau kantung khusus ASI.

Nanti, setelah ibu pulang kerja, maka sebaiknya susui anak secara langsung supaya bayi tetap mendapat antibodi dari ASI. Sebab, ASI yang dibekukan, antibodinya sudah mati dan hanya tinggal gizi atau komponen hidupnya saja yang tersisa.

“Saat memberi ASI perah pun sebaiknya jangan menggunakan dot, tapi gelas. Dengan gelas, bayi akan merasa lebih puas sebab ia ingin menyusu secara kontinyu. Kalau pakai dot bisa membuat dia bingung puting dan menimbulkan kerusakan gigi karena ASI-nya tidak langsung diminum melainkan disimpan dulu dalam mulut,” jelas dr Edi.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)