Mitos atau Fakta Konsumsi Makanan Hambar bagi Si Kecil?

Mitos atau Fakta Konsumsi Makanan Hambar bagi Si Kecil?

Comments Off on Mitos atau Fakta Konsumsi Makanan Hambar bagi Si Kecil?

Kapan waktu yang tepat untuk memberikan bayi makanan pendamping ASI? Yaps, tepat pada usia 6 bulan. Setelah berusia 6 bulan, bayi perlu diperkenalkan pada makanan pendamping ASI. Apa yang bunda berikan saat pertama bayi mendapat MPASI? Biasanya bunda akan menghindari gula, garam atau rempah-rempah lain untuk makanan si kecil.

Menurut Susanna Block, dokter anak dan pemilik situs World Baby Foods. “Adalah mitos jika dikatakan bayi hanya boleh mengkonsumsi makanan hambar. Hal itu tidak didasarkan pada penelitian”Aroma dan rasa ASI saja menyesuaikan makanan yang dikonsumsi ibu, jadi apa salahnya jika makanan bayi diberikan bumbu? “ ini sama saja kemunduran jika kita mempercayai mitos diatas” kata Susanna.

Oleh karena itu, bunda bisa menambahkan jinten pada rebusan ayam atau menambahkan bumbu pada pure kentang untuk bayi, pada saat pertama mencoba mungkin bayi akan terkejut dengan rasanya, tapi itu tidak masalah.

Apakah berdampak negative?

Mungkin bunda-bunda percaya bahwa rempah rempah akan berdampak buruk pada bayi seperti iritasi kulit atau diare. Namun, diare dan iritasi kulit bukan karena rempahnya, itu dikarenakan kuantitas bumbu/rempah yang bunda berikan pada bayi. Jadi, perhatikan jumlah bumbu atau rempah yang diberikan pada MPASI si kecil mengingat pencernaan bayi belum sempurna.

Pemberian garam dan gula?

Dalam buku “booklet pemberian makan” Unicef, MPASI boleh ditambahkan sedikit garam beryodium. Dan pada buku, “MPASI rumahan bagi si kecil” dari WHO, dikatakan boleh menambahkan sedikit gula. Untuk pemberian gula dan garam juga tidak boleh terlalu banyak dengan alasan yang sama, pencernaan bayi belum sempurna. Jika bunda ingin menambahkan rasa pada MPASI si kecil bisa gula dan garam bisa digantikan dengan, mentega, keju, atau ASIP agar lebih aman untuk pencernaan si kecil.

Berbicara mengenai keamanan Mpasi si kecil, kini telah hadir Rufani Crunchy snack MPASI sehat dan bernutrisi tinggi. Rufani ini iterbuat dari Teri istimewa, tanpa mengandung gula, dan msg jadi aman untuk si kecil yang memasuki usia MPASI. Adapun kandungan gizi pada Rufani Crunchy yaitu, Protein, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, dan Lemak. Nah bunda yuk buruan coba Rufani Snack MPASI ini, Rufani ini bisa jadi cemilan si kecil dan bisa juga jadi campuran lauk MPASInya.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)