Mitos dan Fakta Tentang Pantangan Ibu Hamil

Mitos dan Fakta Tentang Pantangan Ibu Hamil

Comments Off on Mitos dan Fakta Tentang Pantangan Ibu Hamil

Durian dan nanas ini seringkali masuk ke daftar pantangan ibu hamil. Jangan biarkan fakta mengalahkan mitos!

Di jaman modern seperti ini, tentu saja ibu-ibu muda masa kini banyak mengikuti tren yang sedang hitz. Namun, dalam hal pantangan ibu hamil, masih banyak dari mereka yang masih percaya mitos tentang makanan yang dilarang dan direkomendasikan untuk dikonsumsi saat hamil. Apakah bunda lebih mempercayai mitos atau fakta tentang pantangan ibu hamil?

Mitos dan Fakta Tentang Pantangan Ibu Hamil

  1. Durian dan Nanas

Sudah tidak asing lagi bagi ibu hamil mendengar pantangan untuk tidak mengkonsumsi durian dan nanas ketika hamil.

Buah nanas memiliki kandungan prostaglandin yang bermanfaat mencegah tumbuhnya sel kanker serta radang pada anggota tubuh untuk mencegah terjadinya infeksi.

Tentu saja, nanas tidak memiliki keterkaitan secara langsung dengan janin. Hal yang sama terkandung pada durian, meski tidak ada penelitian secara khusus dengan kandungan dalam durian, namun tidak ada kasus yang membuat seorang ibu hamil keguguran saat makan durian.

Yang dikhawatirkan, ibu hamil akan mual jika memakan kedua buah tersebut dalam porsi besar. Jika mereka muntah dengan sering, tentu asupan makanan untuk janin akan berkurang.

  1. Air Kelapa Hijau Buat Kulit Bayi Putih

Untuk ini, bukan pantangan tetapi mitos. Warna kulit pada manusia ditentukan oleh faktor genetik, tidak ada faktor lain. Jadi mengkonsumsi air kelapa hijau tidak membuat kulit bayi menjadi putih ya ibu-ibu.

  1. Kacang Hijau Buat Rambut Lebat?

Sama seperti halnya air kelapa hijau, kacang hijau pun tidak akan membuat rambut bayi menjadi lebat jika kita mengkonsumsinya. Rambut lebat pada bayi ditentukan oleh genetika kedua orangtuanya.

  1. Menghilangkan Mual Dengan Makan Makanan Yang Asam

Memang selalu ada keinginan untuk makan makanan masam ketika mengalami mual pada kehamilan seperti rujak, atau mangga muda. Tapi, konsumsi makanan asam bukan solusi untuk menghilangkan mual. Rasa mual pada ibu hamil bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi buah segar, sayuran yang dikukus, dan mengkonsumsi biskuit kaya serat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan masam, akan mengakibatkan iritasi pada lambung.

  1. Minum Air Es Bikin Gemuk?

Gemuk pada ibu hamil juga dipengaruhi oleh faktor genetika. Ada beberapa ibu hamil yang dalam kondisi berat badan seimbang ketika hamil. Namun beberapa ibu hamil mengalami peningkatan berat badan yang signifikan.

Air es tidak menggemukan ya bunda, akan tetapi jika ibu hamil sering mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung kadar gula tinggi, ini lah yang membuat ibu hamil menjadi gemuk.

  1. Makan Dobel Karena ‘Berbadan Dua’

Hal ini menjadi salah satu faktor bertambahnya berat badan pada bumil. Rasa lapar terkadang membuat bumil makan tanpa kendali. Padahal makanan berlemak dan gorengan tidak bermanfaar bagi janin, dan akan menumpuk kolestrol pada ibu hamil.

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak untuk cemilan. Mengkonsumsi nasi juga perlu untuk dikurangi, namun dapat digantikan dengan kentang dan lauk bergizi dengan porsi lebih banyak.

  1. Bayi ‘Ngeces’ Karena Ngidam Tidak Kesampaian

Ngidam juga menjadi alasan bumil untuk menyantap apa saja yang mereka inginkan.

Ngidam tidak kesampaian bukan faktor dari bayi yang ‘ngeces’. Bayi ngeces adalah wajar pada usia-usia tertentu bila gigi mereka sedang tumbuh.

 

Nah, mulai saat ini selalu perbanyak pengetahuan tentang apa yang patut dan tidak patut dimakan untuk ibu hamil. Selalu saring informasi yang didapat melalui sumber dan media yang akurat.

Selamat menyambut kehadiran si buah hati yang lucu!

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)