Omega 3, Asupan Penting Untuk Ibu Hamil dan Bayi

Omega 3, Asupan Penting Untuk Ibu Hamil dan Bayi

Comments Off on Omega 3, Asupan Penting Untuk Ibu Hamil dan Bayi

Omega 3 sangat dibutuhkan oleh otak, seperti halnya tulang yang membutuhkan kalsium. Untuk itu, ibu dan bayi membutuhkan asupan omega 3 ini.

Omega 3 bermanfaat bagi bayi dan anak, karena mengandung lemak DHA. Pada tubuh kita, DHA paling banyak ditemukan pada otak dan mata. Maka dari itu penelitian menunjukkan bahwa manfaat omega 3 yang terbesar adalah untuk perkembangan otak dan mata bayi.

Penelitian dari Journal Of Pediatric oleh Laval University, Quebec. Menunjukkan bahwa kadar DHA yang tinggi pada darah ibu, akan memiliki anak yang lebih baik dalam kemampuan inderawi, kognitif, dan gerak motorik.

Bayi dengan Omega 3 yang cukup, memiliki kemajuan sekitar 2 bulan lebih awal dibandingkan bayi yang kurang Omega 3. Mereka akan lebih baik dalam tes kepelaan yang dilakukan pada saat usia 6 bulan, serta memiliki kemampuan belajar visual yang lebih baik pada usia 1-2 tahun.

Manfaat Omega 3

Manfaat omega 3 lainnya, yang dipaparkan oleh Dr. Bruce Holub, dari University of Guelph

  1. Mengurangi resiko kelahiran premature
  2. Meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung di kemudian hari
  4. Mengurangi resiko berbagai macam alergi kulit.

Kapan Omega 3 diperlukan

Untuk ibu hamil, Omega 3 sangat diperlukan pada trimester ketiga. Karena pada masa inilah berat otak bayi didalam Rahim berkembang menjadi 2½ kali lipat dari sebelumnya.

Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang menjadi 1¾ kali lipat ketika memasuki usia 1 tahun, dan perkembangan terus berlanjut hingga usia 2 tahun.

Jadi, konsumsi omega 3secara rutin sangat penting dilakukan pada trimester ketiga hingga anak menginjak usia 2 tahun.

Makanan Yang Mengandung Omega 3

Karena besarnya manfaat Omega 3, para ahli menganjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi Omega 3 sebanyak 1000mg setiap harinya. Kebutuhan ini dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan yang kita makan.

Secara alami, Omega 3 banyak ditemukan pada ASI. Oleh karena itu menyusui sangat bermanfaat bagi bayi. Untuk ibu yang menyusui, memakan ikan berlemak adalah cara paling baik untuk mendapatkan asupan Omega 3.

Ikan-ika tersebut misalnya Atlantic Salmon, Pacific Herring, Makarel, Tuna, dan sarden. Selain itu, Omega 3 juga terdapat pada telur, dan suplemen.

Untuk ibu hamil yang kesulitan menemukan asupan makanan laut yang sehat, bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi suplemen Omega 3 DHA/EPA 1000mg, sebanyak 1 kapsul perhari. Tapi jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan dokter kandungan bunda ya.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)