Panduan Penggunaan Gadget untuk Anak-anak

Panduan Penggunaan Gadget untuk Anak-anak

Comments Off on Panduan Penggunaan Gadget untuk Anak-anak

American Academy of Pediatrics (AAP) memberikan panduan untuk penggunaan gadget. AAP memperkenalkan panduan yang diberi nama Screen Time. Sebagai waktu yang di tujukan untu menggunakan gadget sebagai hiburan. Untuk anak usia 6 tahun, bunda bisa menentukan sendiri batas anak menggunakan gadget.

 

0 – 2 tahun

  1. Pada usia ini sebaiknya bayi tidak di perkenalkan dengan media elektronik karena bayi pada usia ini sangat rentan terhadap cahaya gadget. Bayi dengan usia kurang dari 18 bulan sebaiknya tidak terekspos dengan media elektronik. Hal ini dikarenakan suara dan aktivitas dari layar mengalihkan perhatian anak. Bayi bisa mendapatkan stimulasi berlebihan dari cahaya dan suara yang menyebabkan distress dan gangguan tidur.
  2. Jika terpaksa harus menggunakan gadget saat pada usia 18-24 bulan, pilih lah gadget dengan programming yang baik dan berkualitas.
  3. Selalu damping anak saat menggunakan gadget, dan bunda harus selalu memperhatikan waktunya.

2 – 5 tahun

  1. Batasi pemakaian gadget pada anak hanya 1 jam perhari. Jika anak sudah menggunakan gadgetnya selama 1 jam disekolah, dirumah, ia tidak bisa menggunakan gadget lagi. Hal ini bertujuan untuk program berkualitas penggunaan gadget.
  2. Selalu damping anak saat menggunakan gadget atau pada saat screen time. Bantu selalu anak untuk mengenali konten yang dilihat. Hal ini karena, konten yang dilihat tidak sesuai dengan perkembangan si kecil. Disini peran orangtua untuk menjelaskan kepada anak jika konten mengandung paparan seksualitas.
  3. Tunjukanlah konten atau program yang berkualitas seperti Sesame Street. Program ini lebih baik untuk perkembangan anak. Disamping itu juga program ini tidak menampilkan iklan yang dapat menstimulasi anak secara berlebihan
  4. Pilih konten yang sesuai dengan anak-anak. Seperti contoh berikut. Seorang anak berusia balita selalu di perlihatkan konten atau acara televisi bilingual, padahal orangtua balita berbahasa Indonesia. Pada usia memasuki TK saat berusia 4 tahun, anak tersebut kebingunan dengan Bahasa sehingga ia tidak bisa berinteraksi dengan teman sebayanya.
  5. Anak berusia 0-2 tahun dan balita tiddak memerlukan gadget menurut dr. Anggia Hapsari, Sp.KJ, psikiater anak dan remaja dari Smart Clinic. Namun, sesekali diperbolehkan untuk bermain gadget namun waktu ideal hanya 15-30 menit saja dan dibatasi pada saat

Diatas 6 Tahun

  1. Jumlah Screen Time harian bergantung pada anak dan keluarga. Hanya saja sang anak juga harus memprioritaskan waktu produktifnya dibandingkan dengan hiburan di gadget.
  2. Media elektronik atau digital tidak seharusnya menggantikan aktivitas sehat anak, seperti tidur, interaksi social, maupun aktivitas fisik. Orangtua juga harus mengajarkan kepada anak untuk menggunakan media digital yang bijak untuk membuat, menghubungkan, dan belajar dari media digital.
  3. Selalu diskusikan tentang cyber-bullying, sexting, dan kemungkin adanya predator online.

 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa bunda jadikan panduan dalam pengawasan penggunaan gadget untuk si kecil. Awasi tumbuh kembang dan aktivitas si kecil, beri asupan terbaik untuk si kecil pada usia 0-2 tahun ASI pilihan terbaik. Semangat menyusui dengan ASI Booster Tea. ASI Booster Tea sebagai pelancar ASI pertama di Indonesia yang dapat tingkatkan ASI hingga 900%

 

Info keagenan dan pemesanan :

WA/SMS : 0822-4402-5542/0822-3321-7290

BBM : D14CF492

www.asi.web.id | www.nakibu.com

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)