Penjelasan Ilmiah Dibalik Makanan yang Paling Sering Bikin Ngidam Ibu Hamil

Penjelasan Ilmiah Dibalik Makanan yang Paling Sering Bikin Ngidam Ibu Hamil

Comments Off on Penjelasan Ilmiah Dibalik Makanan yang Paling Sering Bikin Ngidam Ibu Hamil

Setiap ibu hamil, pasti mengalami fase ngidam terhadap makanan tertentu. Ternyata ada alasan dibalik kebiasaan ngidam ini, simak fakta mengenai ngidam berikut.

Ngidam merupakan hal yang melekat bagi setiap ibu hamil, bahkan seorang ibu tidak mengalami ngidam aneh selama kehamilan dianggap luar biasa. Ngidam ini dialami 50-90% ibu hamil. Tahukah bunda, bahwa fakta ngidam bisa dijelaskan secara ilmiah.

Inilah makanan yang sering bikin ngidam ibu hamil dan penjelasannya.

  1. Cokelat

Semua orang pasti suka dengan cokelat, namun bagi ibu hamil, keinginan memakan coklat tidak bisa ditunda atau diabaika. Karena cokelat meningkatkan hormone endorphin, yang membuat orang lebih bahagia. Tidak heran jika ibu hamil mengidamkannya.

Jika bunda takut akan efek samping dari terlalu banyak mengkonsumsi coklat, bunda bisa mencampur cokelat cair rendah gula dengan potongan buah segar.

  1. Makanan Pedas

Tidak heran jika orang Indonesia sangat menyukai makanan pedas. Namun keinginan makan makanan pedas ini semakin meningkat saat hamil. Hal ini dikarenaknan, makanan pedas membuat tubuh kita berkeringat, dan bermanfaat untuk mendinginkan suhu tubuh.

Karena tubuh ibu hamil memiliki metabolism yang tinggi, sehingga suhu tubuh menjadi naik. Itulah mengapa keinginan makan pedas meningkat, semua karena alami untuk menurunkan suhu tubuh.

  1. Es Batu

Ibu hamil kadang suka mengunyah es batu, meski tidak memiliki nutrisi apapun dan tidak mengenyangkan, namun ibu hamil yang ngidam es batu sangat suka untuk melakukannya.

Bagi ibu hamil yang memiliki anemia, mereka akan sering mengunyah es batu, karena es batu bisa membanntu meredakan bengkak pada bagian mulut dan lidah.

  1. Buah-buahan

Ibu hamil juga terkadang mengidam buah-buahan. Hal ini dipicu oleh keinginan untuk memiliki bayi yangsehat, sehingga ibu ingin memakan makanan sehat untuk mewujudkannya. Semangka dan anggur adalah buah yang baik untuk ibu hamil, karena kandungan vitamin C yang tinggi dan kaya akan air sehingga baik untuk ibu dan bayi.

  1. Lemon

Bukan hal aneh jika melihat ibu hami memakan buah lemon langsung atau mencampurkannya dengan minuman. Ibu hamil yang ngidam makanan asam adalah hal yang biasa terjadi. Hl ini terjadi karena indera pengecap mengalami perubahan, sehingga ada keinginan ibu untuk mengejutkan lidah dengan makanan yang sangat asam atau sangat pedas.

  1. Kopi

Meski dokter melarang untuk minum kopi, namun seringkali kopi ini menjadi objek ngidam ibu hamil. Apalagi bagi bunda yang terbiasa minum kopi sebelum hamil.

Sebaikanya bunda batasi minum kopi saat hamil dan konsultasikan dengan dokter anda berapa banyak kopi yang bisa bunda konsumsi tanpa membahayakan bayi.

  1. Soda

Bagi ibu yang mengalami morning sickness, minuman berkarbonasi bisa memabntu untuk meredakan mual. Untuk menghindari asupan kafein yang terlalu tinggi selama hamil, bunda bisa menggantinya dengan wedang jahe.

Selain bisa meredakan mual, wedang jahe juga memiliki banyak manfaat, yang tentunya lebih sehat dibandingkan dengan soda.

  1. Garam

Penigkatan volume darah pada saat hamil, membuat tubuh ibu hamil memerlukan banyak sodium dibandingkan sebelum hamil. Maka tidak heran ibu hamil sering mengidamkan makanan yang gurih.

Sebaiknya bunda hindari makanan kemasan selama hamil, karena kadar garam dan msg yang terlalu tinggi. Oleh karena itu lebih baik jika bunda membuat sendiri cemilan gurih, agar bisa memastikan kadar garam agar tidk berlebihan.

  1. Kombinasi aneh

Beberapa ibu ngidam serinng menggabungkan makanan yang bagi orang awam akan terlihat aneh. Namun ibu hamil akan menyukainnya. Seperti kombinasi pizza dengan selai stroberi.

Beberapa teori mengatakan ibu hamil yang suka ngidam makanan aneh karena cara ibu untuk memastikan bayi dalam kandungan menerima nutrisi dari segala jenin makanan.

  1. Produk olahan susu

Yogurt, keju, dan produk olahan susu lannya juga sering diidamkan oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya bunda bisa coba untuk mengkonsumsi produk olahan susu rendah lemak agar bunda tidak mengalami sakit perut.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)