Penyebab dan Cara Menangani Diare Pada Bayi

Penyebab dan Cara Menangani Diare Pada Bayi

Comments Off on Penyebab dan Cara Menangani Diare Pada Bayi

Orang dewasa diare, penanganannya mudah. Bagaimana jika bayi kita yang diare? Duh! Harus bagaimana? Mari kita bahas dari hulu hingga hilir, soal penyebab diare pada bayi hingga tanda-tanda dan solusi penanganannya.
Tahukah anda, apa saja tanda-tanda diare pada bayi?
1. Struktur kotoran lebih cair dan mengandung lendir
2. Buang air besar lebih dari biasanya. Normalnya kurang dari 3 kali sehari.
3. Kotoran yang dikeluarkan terkadang mengandung bercak darah, berwarna kehijauan, dan berbau sangat menyengat.

Penyebab Diare Pada Bayi
Umumnya diare pada bayi disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan/gastroentritis. Bila penyebabnya adalah virus, seringkali ditandai gejala pilek, dan umumnya sembuh dalam beberapa hari. Jenis diare ini disebut diare akut atau diare kurang dari 7 hari.
Diare kronik ialah diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit atau jamur, intoleransi laktosa alergi terhadap protein susu sapi yang terkandung dalam susu formulanya, gangguan penyerapan zat gizi, atau karena antibiotik terutama yang digunakan untuk mengobati infeksi pada telinga dan biasanya diare kronik berlangsung lebih dari 14 hari.
Cara Menangani
1. Jangan tunda membawa bayi ke dokter bila diare sudah berlangsung 24 jam, sebab apapun jenis diarenya, tubuh bayi yang berusia dibawah 3 bulan akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, ditambah lagi bila disertai mulut kering, muntah-muntah, dan menangis tanpa mengelulurkan air mata. Bagi bayi yang menderita diare kronik sebaiknya dibawa ke dokter anak yang mendalami bidang gastreoenterologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Bersihkan bagian anus sikecil dan sekitarnya secara lembut dan perlahan dengan kapas dan air hangat setiap kali habis buang air besar. Jangan meggosoknya dengan kasar agar kulitnya tidak iritasi.

Berikan ASI pada bayi agar tidak mudah diare

ASI BOOSTER TEA, solusi ASI seret pada ibu menyusui

Namun, bayi yang diberi ASI juga bisa mengalami diare, bisa jadi karena ibunya mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Selain higienis, ASI juga kaya zat kekebalan tubuh. Sebagai asupan terbaik bayi, ASI memiliki banyak manfaat baik untuk bayi dan juga bunda sendiri. Lancarkan dan limpahkan ASI bunda dengan ASI Booster Tea, teman setia ibu menyusui dalam melancarkan dan melimpahkan ASI.

Info ini dipersembahkan oleh asiboostertea, teh pelancar ASI pertama. Melimpahkan ASI hingga 900% dalam 24-72 jam

#Parenting #Nakibu #ASIWEBID #ASIBooster #BoosterASI #ASIBoosterTea #PelancarASI #PelancarASIampuh #PelancarASIalami #IbuMenyusui #Busui #BusuiFriendly #Hamil #IbuHamil

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)