Rambut Rontok Karena Menyusui? Ini Penjelasannya!

Rambut Rontok Karena Menyusui? Ini Penjelasannya!

No Comments on Rambut Rontok Karena Menyusui? Ini Penjelasannya!

Mom mengalami ini? Rambut rontok saat setelah melahirkan atau pada fase menyusui. Tenang saja, kerontokan rambut saat menyusui sebenarnya hal yang wajar.

Hal ini dijelaskan oleh  dr. Listya Paramita, Sp.KK, yang menyelesaikan pendidikan dokter di Universitas Gadjah Mada ini menandaskan meski merupakan hal yang wajar ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kondisi kerontokan tidak menjadi parah.

 

Beberapa dari mom pasti ada yang merasa khawatir, sebenarnya tidak perlu khawatir karena kondisi ini bersifat sementara. Artinya, dalam beberapa bulan ke depan, kerontokan rambut akan membaik dan kembali seperti semula.

 

Apa penyebab rambut rontok saat menyusui?

Kerontokan rambut pada perempuan paska melahirkan terjadi karena adanya perubahan hormonal di dalam tubuh. Perubahan level hormonal yang mendadak setelah melahirkan inilah yang mengakibatkan adanya kerontokan rambut.

 

Kapan hal ini biasanya terjadi?

Kerontokan rambut biasanya dimulai beberapa bulan setelah melahirkan, 3-4 bulan setelah melahirkan, dan mencapai puncaknya dalam beberapa minggu setelahnya.

Sebenarnya perubahan hormon saat hamil mempengaruhi hal ini, dimulai dari masa kehamilan kondisi rambut sedang dalam kondisi sangat baik pada kondisi ini hormone esterogen tinggi efek kehamilan. Kerontokan rambut menjadi sangat minim dan rambut terasa lebat, Hormon estrogen ini yang memperpanjang siklus hidup rambut. Setelah melahirkan, hormon estrogen akan turun seperti semula, hal ini membuat rambut yang sudah seharusnya rontok akan rontok karena kembali ke siklus hidup normalnya.

 

Kerontokan ini rata-rata akan membaik dalam 6-12 bulan setelah melahirkan. Sebagian kecil ada juga yang belum membaik setelah 12 bulan. Bila kondisinya demikian maka dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

 

Berikut hal yang perlu dilakukan mom untuk mengurangi rambut rontok saat menyusui

  • Meminimalkan perlakuan pada rambut yang akan memperparah kerontokan seperti jangan mengikat rambut terlalu kencang, jangan menyisir rambut ketika kondisi rambut masih basah, kurangi pemakaian hair dryer, dan kurangi pemakaian catokan rambut.
  • Pilih shampo yang dapat menguatkan akar rambut, jika memang ingin memakai kondisioner, pilih kondisioner yang ringan.
  • Dari segi asupan makanan jangan lupa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang baik dalam mendukung pertumbuhan rambut seperti vitamin B, C, E zinc dan biotin, vitamin dan mineral.

 

Info seputar ASI dan menyusui klik www.nakibu.com

About the author:

Related Posts

Leave a comment

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)