Asal-usul “Putri yang Ditukar”

Asal-usul “Putri yang Ditukar”

Comments Off on Asal-usul “Putri yang Ditukar”

Kalimat “Putri yang Ditukar” mungkin sudah tak asing lagi bagi kita apalagi, para korban sinetron yang tak pernah absen untuk melihat sinetron kesayanganya itu, yaps Putri yang Ditukar adalah judul sinetron yang pernah Booming dan Ngehitz

dikalangan ibu-ibu, remaja dan tak ketinggalan dikalangan lansia pun ikut antusias melihat sinetron itu hehe. Seperti judulnya, isi cerita didalamnya mengisahkan tragedi dimana putri dari seorang ayah Ditukar dengan putri orang lain dan akhirnya terungkap setelah si putri telah tumbuh dewasa dan menemukan keluarga yang sebenarya. (hiks…hiks)

Oke, Next… Kita ambil kutipan dari cerita itu sedikit, Kira-kira… Kenapa hal itu bisa terjadi?
Kenapa bisa ada kejadian Putri yang ditukar macam itu ya bund? hmmm
Kira-kira kenapa bunda?
Ini nih bund alasannya… Karena selama berada di rumah bersalin mama tak sekamar dengan bayi, disarankan mama dan bayi dirawat dalam satu unit/kamar, istilahnya rooming in atau rawat gabung. Bayi diletakkan dalam boks di samping ranjang mama atau dirawat bersama mama dalam satu ranjang (bedding in). Kegiatan rawat gabung dimulai sejak mama diruang perawatan pascapersalinan. Tidak ada perbedaan persiapan rooming in antara mama yang melahirkan normal atau sesar.

Apa manfaatnya?

  • Aspek Psikologis

Bayi merasakan kehangatan tubuh mama, kelembutan suara mama kasih sayang dan rasa aman serta percaya pada orang lain.

  • Aspek Fisiologis

Menimbulkan refleks prolaktin yang memacu produksi ASI dan refleks oksitosin yang membantu pengeluaran ASI mempercepat involusi rahim. Produksi ASI akan lebih cepat dan lebih banyak bila dirangsang sedini mungkin dengan cara menetekkan sejak bayi lahir hingga selama mungkin. Pada hari-hari pertama, yang keluar adalah kolostrum yang jumlahnya sedikit. Mama pun mudah menyusui kapanpun bayi menginginkannya.

  • Aspek Edukatif

Mama mendapat pengalaman menyusui lebih dini dan merawat bayinya serta mengenali perubahan fisik atau perilaku bayi dan bisa menanyakan pada petugas kesehatan bila ada hal yang dinilai tak wajar

  • Terhindar dari infeksi silang

Dengan rawat gabung, lebih mudah mencegah infeksi silang dimana hal itu sulit dihindarkan pada kamar bayi yang dimana banyak bayi disatukan, lain halnya bila rawat gabung bayi yang melekat pada kulit mama akan memperoleh transfer antibodi dari mama, kolostrum yang mengandung antibodi dalam jumlah tinggi akan melapisi seluruh permukaan kulit dan saluran pencernaan bayi untuk kemudian diserap sehingga bayi akan mempunyai kekebalan yang tinggi. kekebalan ini akan mencegah infeksi.

Tetapi bila ada beberapa kendala yang dialami Bayi dan Bunda seperti halnya dibawah ini:

Kendala Rooming In

Kendala Rooming In

Bagaimana bila kendala rooming in itu terjadi pada bunda?

Jangan khawatir bunda, tenang ya J hal itu tak berefek pada keberhasilan proses menyusui. Bunda dapat tetap menyusui secara eksklusif, Bunda juga masih memiliki banyak waktu dan kesempatan karena menyusui adalah proses yang panjang, kesempatan mendapat hasil yang maksimal masih bisa bunda dan bayi dapatkan, tentunya setelah masalah atau kendala yang menghambat rooming in ini teratasi. Bila bunda memiliki kendala lain yaitu ternyata ASI bunda seret dan tak banyak jumlah produksi ASI yang bunda keluarkan, jangan khawatir dan “Keep Calm” bund, ada ASI BOOSTER TEA solusinya

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)