Sebelum Memberikan MPASI, Lakukan Ini!

Sebelum Memberikan MPASI, Lakukan Ini!

Comments Off on Sebelum Memberikan MPASI, Lakukan Ini!

Bayi anda berusia 6 bulan? Berarti ia telah memasuki masa MPASI dan telah melewati masa ASI eksklusifnya yaps! ASI eksklusif dimana bayi hanya mendapatkan ASI tanpa makanan pendamping dan setelah berusia 6 bulan bayi sudah bisa diberi makanan selain ASI. Menjadi awalan yang baik jika saat-saat pertama anda memperkenalkan makanan kepada bayi, anda telah menyiapkan beberapa menu makanan dengan varian rasa yang berbeda-beda. Namun, dengan memperhatikan nilai gizi makanan itu juga pastinya. Susah-susah gampang memperkenalkan makanan pertama kepada buah hati kita, terkadang ada penolakan yang mengharuskan bunda untuk lebih bersabar.

Sebelum anda memperkenalkan berbagai makanan kepada bayi anda sebaiknya lakukan hal sebagai berikut :

  • Makanan yang pertama diperkenalkan adalah sayuran

Jangan dahului dengan buah karena dengan mengenalkan rasa tawar dari sayur akan membantu si kecil merasakan terlebih dahulu rasa tawar dari sayur kemudian baru rasa manis dari buah.

 

  • Perhatikan proses memasaknya

Proses mengolah makanan terkadang mempengaruhi kandungan gizi yang ada pada makanan itu sendiri. Misal pada makanan buah bervitamin akan lebih baik disuguhkan langsung tanpa diolah misal dengan dijadikan pure buah

 

  • Sesuaikan dengan Porsi Makan Si kecil

Porsi makan bayi MPASI sebaiknya cukup dengan 2-3 sendok makan. Jangan buat porsi makan si kecil terlalu berlebih. Sediakan juga cemilan sehat si kecil misal bunda bisa memilih Rufani Snack Mpasi.

 

  • Pilih tekstur makanan yang mudah dicerna

Hal yang pertama kali harus bunda perhatikan adalah tekstur makanan yang akan bunda berikan pada si kecil. Bahan makanan dapat diolah dengan cara dihaluskan atau diblender untuk mendapatkan tekstur makanan yang mudah dicerna si kecil.

 

  • Jadwalkan makan secara teratur

Buat jadwal makan teratur akan membantu si kecil untuk lebih terbiasa dengan makanan sajikan menu makanan yang bervariatif agar si kecil tidak bosan dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Sediakan juga cemilan sehat untuk selingan makan selain makanan utama. Bunda bisa coba Rufani Snack Mpasi snack teri yang kaya gizi dan nutrisi. Bisa jadi cemilan bayi bisa juga jadi lauk MPASInya

 

Info ASI dan Menyusui klik www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)