Ternyata Depresi Ibu Pengaruhi Otak Janin

Ternyata Depresi Ibu Pengaruhi Otak Janin

Comments Off on Ternyata Depresi Ibu Pengaruhi Otak Janin

Tahukah anda?

Masa-masa penuh warna yang dilalui sebelum menjadi seorang ibu. Kehamilan adalah anugerah terindah bagi seorang wanita. Entah dari diri sendiri atau mungkin orang lain bahkan lingkungan menjadi penyebab perasaan seorang bumil terkadang lebih sensitif. Perasaan yang campur aduk kadang membuat kebanyakan bumil stres juga mewarnai perjalanan sebelum masa persalinan. Namun, tahukah anda depresi yang dialami oleh ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan otak janin?

Tahukah anda?

Berdasar penelitian yang dipimpin oleh Catherine Lebel, seorang psikiater biologis dari University of Calgary, Kanada. Penemuan terbaru ini menemukan adanya kaitan antara depresi yang dialami oleh ibu hamil dengan perkembangan otak janin.

Penelitian ini menunjukkan bahwa gejala depresi selama kehamilan dan melahirkan berpengaruh terhadap ketebalan korteks pada otak, yang mengatur perilaku dan pikiran. Dari hasil studi, wanita yang menderita depresi berat, cenderung memiliki anak dengan korteks tipis pada area frontal dan temporal otak. Pada area ini, korteks berguna untuk mengontrol perhatian dan mengatur tindakan pencegahan. Selain itu, terdapat juga zat putih abnormal pada bagian frontal yang terhubung dengan area lain, melalui jaringan otak. Perubahan struktur otak ini hanya ditemukan pada anak yang ibunya mengalami depresi di trimester ke-2 dan pasca-melahirkan. Struktur abnormal pada otak selama periode kritis tersebut, seringkali memberikan dampak buruk berupa kesulitan belajar dan gangguan perilaku. Struktur abnormal ini terdapat pada anak-anak yang mengalami depresi atau yang berisiko tinggi mengalami gangguan perkembangan. Penemuan ini menjadi jawaban bahwa anak yang ibunya mengalami depresi, lebih berpotensi terhadap depresi di masa yang akan datang.

Oleh sebab itu, bu ibu semua yang sedang hamil atau menyusui, hindari pikiran stres selalu yakin tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan, budayakan untuk berpikir positif dan optimis sebab dengan begitu kita membawa pengaruh baik kepada janin atau calon anak kita. Tak hanya bumil yang harus selalu berpikir positif namun busui juga harus terus optimis untuk memberikan ASI terbaiknya untuk sang buah hati dan jangan lupa limpahkan ASI dengan #ASIBoosterTea !!! Pelancar ASI alami yang dapat tingkatkan ASI hingga 900%.

Info mengenai ASI dan Menyusui Klik aja di www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)