Ternyata Ini Manfaat Mengunyah Untuk Si kecil

Ternyata Ini Manfaat Mengunyah Untuk Si kecil

Comments Off on Ternyata Ini Manfaat Mengunyah Untuk Si kecil

Mengunyah menjadi proses yang penting untuk menjadi kebiasaan yang dipraktekkan sejak dini oleh si kecil saat ia memasuki masa pemberian makanan pendamping ASI. Menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki bayi, Jangan sampai melewatkan proses ini. Proses yang dimulai dengan melibatkan otot, rahang dan gigi. Menjadi perhatian penting  bagi setiap orang tua untuk mengawasi dan mendampingi tumbuh kembang si kecil dari pertama diperkenalkan dengan makanan, cara mengunyahnya bisa bunda beri stimulasi untuk melatih keterampilan mengunyah makanan.

Berikut beberapa manfaat dari mengunyah makanan bagi sikecil:

  1. Berperan penting dalam sistem pencernaan

Dengan mengunyah berarti kita menghaluskan dan membuat lambung tidak bekerja terlalu berat dan lama. Selain itu dengan enzim yang ada pada air liur yang ada pada mulut dapat membantu untuk memecah zat gizi dari makanan sehingga menjadi bagian kecil yang mudah diserap. Di dalam ludah terdapat enzim ptialin (amilase). Enzim ptialin berfungsi mengubah makanan dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa).

 

  1. Membersihkan mulut

Makanan yang banyak mengandung serat membutuhkan proses mengunyah yang akan membantu membersihkan mulut. Kebersihan ini Menghindari dari sariawan dan radang gusi yang dapat mengganggu makan.

 

  1. Menguatkan rahang dan gusi

Mengunyah makanan yang bertekstur akan membantu si kecil dalam menguatkan gusi dan rahangnya.

 

  1. Sediakan makanan yang bergizi seimbang dan menarik

Hidangkan berbagai variasi makanan yang dapat menarik perhatian si kecil atau menambah nafsu makan si kecil. Sediakan juga makanan yang mudah dikunyah jangan yang keras. Anda bisa mencoba Rufani Snack Mpasi sebagai cemilan sekaligus campuran lauk nasi MPASI si kecil

 

Info tentang ASI dan Menyusui klik www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)