Tips Agar Anak Menyukai Buah dan Sayur

Tips Agar Anak Menyukai Buah dan Sayur

Comments Off on Tips Agar Anak Menyukai Buah dan Sayur

Anak-anak sering kali menolak untuk mengkonsumsi buah atau sayuran. Permasalahan ini tentunya membuat orangtua sedikit kualahan untuk membujuk buah hati agar mau mengkonsumsi makanan sehat tersebut. Akar dari ketidaksukaan anak-anak terhadap buah dan sayur karena menurut mereka rasa dari buah dan sayur tersebut kurang sedap, ada juga sebagian buah dan sayur yang memiliki bau yang menyengat sehingga berpotensi membuat anak-anak malas untuk mengkonsumsinya.

Berawal dari masalah yang selalu di hadapi setiap orangtua untuk membujuk anak mau dan menyukai konsumsi buah dan sayur, jika membiarkan anak-anak tidak menyukai hidangan sehat seperti sayur dan buah ini tentu akan menyebabkan kerugian besar bagi anak-anak krena mereka membatasi diri untuk mendapatkan nutrisi yang baik dari buah dan sayuran.

Berikut tips dan trik agar anak mau mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

  1. Perkenalkan Aneka Sayur dan Buah Secara Bertahap

Bunda, ada baiknya untuk memperkenalkan buah hati dengan sayur dan buah sejak dini. Bahkan pada saat buah hati sudah dapat mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur. Agar buah hati terbiasa dengan aroma dan rasa dari buah atau sayur tersebut. Perkenalan secara bertahap ini juga membantu anak untuk terbiasa, jangan lupa bunda juga harus menjelaskan kelebihan buah dan sayur yang mereka

  1. Sajikan Dalam Bentuk Menarik

Salah satu cara yang biasanya bunda pakai agar anak mau mengkonsumsi buah dan sayur adalah dengan mengkreasi bentuk dari buah dan sayur dengan tokoh kartun atau bentuk bentuk yang disukai oleh anak-anak. Cara ini ampuh untuk meningkatkan nafsu makan serta menarik perhatian mereka agar mau mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut. Bunda juga bisa membuat hidangan sayur dan buah tersebut dalam berbagai sajian dan memadukannya dengan bahan makanan lain apalagi kesukaanya. Meskipun demikian sesekali berikan buah-buahan tersebut dalam bentuk yang asli tanpa diolah dan dicampur dengan hidangan lainnya, sehingga mereka bisa lebih mengenal rasasnya secara lebih utuh.

  1. Selalu Sediakan Buah dan Sayuran

Salah satu tips satu ini mungkin terdengar klise yaitu selalu menyediakan buah atau sayuran dirumah. Karena hal ini dapat mempengaruhi visual anak dan membentuk rasa kesukaan anak terhadap buah dan sayur yang sering dilihatnya.

  1. Libatkan Buah Hati Pada Proses Mengenal Sayur Dan Buah

Ajak buah hati untuk mencari buah buahan, baik di toko buah dan sayur maupun di kebun. Biarkan mereka memilih sendiri buah atau sayur yang mereka inginkan dan menarik untuk mereka coba konsumsi. Jadi bunda hanya menjelaskan manfaat, nutrisi, dan keuntungan jika buah hati mengkonsumsinya. Setelah pencarian buah dan sayur selesai, ajak pula buah hati untuk melihat proses pembuatan hidangan atau memasak dengan bahan-bahan yang sudah mereka pilih.

  1. Sabar dan Tekun

Perjuangan untuk mengenalkan buah hati dengan sayuran dan buah tidak selalu berjalan mulus, sehingga diperlukan waktu dan cara yang tidak memiliki batas waktu yang pasti. Sehingga kunci utama untuk mengenalkan dan membuat buah hati menyukai buah-buahan dan sayuran adalah tetap bersabar dan tekun. Karena, jika sudah waktunya nanti buah hati akan bisa menyukai hidangan yang mereka sukai.

  1. Kurangi Memberikan Makanan Kemasan

Bagi bunda yang sering memberikan makanan instant atau kemasan pada buah hati, lebih baik bunda mengurangi atau tidak memberikan makanan kemasan tersebut dan digantikan dengan buah atau sayuran. Memang, pada awalnya akan terasa sulit, namun lama-kelamaan buah hati akan terbiasa dan bisa menyukai hidangan dari sayuran dan buah-buahan tersebut.

Demikian cara dan tips untuk mengenalkan ke buah hati untuk menyukai mengkonsumsi buah dan sayuran. Diharapkan dengan adanya tips dan trik ini buah hati dapat lebih menyukai untuk mengkonsumsi buah dan sayuran.

Untuk bunda yang sedang mencari makanan atau cemilan yang dapat melengkapi gizi dan nutrisi si keci dapat mencoba Rufani Snack MPASI. Dengan gizi  yang tinggi serta terbuat dari bahan pilihan non MSG, non gula, dan non pengawet Rufani Snack ini menjadi makanan yang tinggi nutrisi untuk si kecil.

Info lebih lanjut tentang Rufani Snack MPASI dan ASI Booster Tea kunjungi www.naibu.com | www.asi.we.id.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)