Tips Atasi BAB

Comments Off on Tips Atasi BAB

Tips atasi susah BAB pada bayi yang baru menginjak masa MPASI

Penyebab :

1. Kemungkinan, ini terjadi karena kurangnya cairan dan serat pada makanannya.
2. hal lain yang juga bisa menyebabkan bayi mengalami sembelit adalah karena intoleransi atau alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Gejala / indikasi :
1. tidak BAB minimal tiga kali dalam seminggu.
2. Selain itu, hal lain yang bisa dilihat adalah tinja yang keras dan sulit keluar. Bahkan, mungkin saja ia mengeluarkan kotoran yang terlihat seperti bongkahan-bongkahan kecil dan keras.

Cara antisipasi & mengatasi :
1. Berikan MPASI secara bertahap. Baik dari tekstur, konsistensi, volume, dan jenis
2. Berikan juga air putih serta sumber serat, berupa sayuran dan buah yang cukup. Yang perlu dipeehatikan adalah beberapa makanan yang mampu mencetuskan sembelit. Di antaranya nasi merah, kentang, dan pisang. Sedangkan makanan yang dapat mengurangi risiko sembelit ialah buah naga, pir, dan peach.
3. Untuk bayi yang sudah terlanjur sembelit, Anda dapat mengajak anak agar bergerak lebih aktif. Gerakan kaki seperti mengayuh atau merangkak lebih sering, agar usus mendorong tinja lebih baik dan pencernaan pun bisa lebih baik.
4. Ketika Si Kecil sudah lebih besar dan telah melakukan toilet training, biasakan untuk duduk di toilet secara teratur. Lakukan 3-5 menit setelah makan, meski anak tidak merasa ingin BAB. Dengan cara ini, ia bisa merespons keinginannya sendiri untuk BAB dengan selalu duduk di toilet.
5. Selain itu, Si Kecil juga dapat diberikan probiotik seperti lactobasillus. Obat pencahar kadangkala diperlukan untuk evakuasi feses bila sembelit berlangsung dalam waktu lama. Jika kondisi Si Kecil tak kunjung membaik, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)