Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Comments Off on Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Keluhan utama untuk ibu-ibu yang si kecil sudah memasuki usia MPASI adalah si kecil susah makan. Yuk kita simak tips mengatasi anak susah makan.

  1. Jadwal Makan Yang Disiplin

Untuk bunda yang anaknya susah makan, sangat penting loh bunda untuk disiplin dalam jadwal makan anak. jadwal makan yang disiplin dan teratur ini akan membuat anak merasa lapar setiap jam makannya tiba.

  1. Mulai Dengan Porsi Kecil

Dengan kondisi anak yang susah makan, bunda harus mulai memberinya makan dengan porsi yang kecil, setelah selera makan si kecil membaik barulah porsi ditambahkan sedikit demi sedikit.

  1. Jangan Terlalu Memaksa

Untuk anak yang susah makan akan merasa kesal dengan pemaksaan yang kita lakukan agar ia mau untuk makan. Bila si kecil menangis saat di dudukkan di meja makan mungkin ia trauma dengan ‘pemaksaan’ yang kita lakukan selama ini.

  1. Hargai Selera Makannya

Jika anak bunda susah makan, berikan apa yang anak bunda sukai. Jika ia suka makanan yang tidak sehat dan tidak baik nutrisinya, bunda bisa mengkreasikan dan memodifikasi makanannya dengan nutrisi yang sehat.

  1. Variasi Makanan Yang Berbeda

Selalu tawarkan berbagai variasi makanan yang berbeda untuk si kecil. Mungkin saja si kecil bosan dengan makanan yang biasanya.

  1. Tampilan Makanan yang Menarik

Buat lah anak bunda yang susah makan ‘lapar mata’ dengan tampilan makanan yang menarik.

  1. Batasi Konsumsi Jus

Juas buah akan membuat anak cepat kenyang. Hanya berikan jus buah saat sesudah makan, jangan berikan jus buah sebelum si kecil makan.

  1. Momen Kebersamaan

Biarkan si kecil untuk menikmati acara makan sebagai momen kebersamaan di dalam keluarga. Usahakan untuk selalu makan bersamanya setiap kali jam makan.

  1. Jadilah Contoh Yang Baik

Sebagai orangtua kita harus memberikan contoh yang baik untuk anak kita. Mereka akan melihat apa yang kita lakukan dan melihat apa yang kita makan dan sajikan dimeja makan, dan memakan makanan apapun yang di sajikan.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)