Tips Menyenangkan Mengajarkan Anak Tentang Uang

Tips Menyenangkan Mengajarkan Anak Tentang Uang

Comments Off on Tips Menyenangkan Mengajarkan Anak Tentang Uang

Apakah bunda sudah mengajari si kecil tentang uang? Pada dasarnya tidak ada salahnya atau perkataan terlalu dini mengajarkan anak tentang uang. Bunda bisa mengajarkan tentang uang pada anak pada saat usia sekolah, karena disekolah anak-anak di ajarkan tentang penambahan, pengurangan, dan pembagian dan konsep matematika dasar. Bunda juga dapat membangun keterampilan lain dan penting seperti tabungan. Seiring bertambahnya usiah anak, mereka akan semakin mengerti dan memahammi bagaimana mengeluarkan uang dengan bijaksana.

  1. Perkenalkan Anak Dengan Uang Melalui Permainan

Bermain merupakan hal yang menyenangkan untuk anak-anak. Ada pun cara mengenalkan anak tentag uang melalui permainan monopoli. Bunda bisa bermain monopoli bersama dengan buah hati. Dalam permainan ini bunda bisa mengajarkan anak anda untuk berhemat dan menentukan prioritas kepentingan yang harus didahulukan dalam mengeluarkan uang.

  1. Berbelanja Bersama dengan Anak

Berbelanja dengan buah hati tentunya menyenangkan ya Bunda, namun ada kalanya buah hati merengek untuk dibelikan mainan. Pada saat ini lah bunda bisa mengajarkan buah hati untuk menentukan prioritas yang harus dipenuhi terlebih dahulu, setelah kebutuhan sudah terpenuhi baru lah bunda mengajak buah hati ke tempat permainan.

  1. Beri Anak Uang Saku

Bunda dapat memberikan buah hati uang saku harian untuk mengenalkan anak tentang uang dan bagaimana mengeluarkan uang dengan bijak. Pada saat uang saku anak habis pada hari itu dan ingin meminta lagi, bunda sebaiknya tidak memberikannya. Bunda juga harus memperingati dan mengajarkan si kecil agar uang saku tersebut dapat memenuhi kebutuhannya dalam waktu sehari dan menyisihkannya untuk menabung.

  1. Memilih Tempat Favorit Anak Untuk Menabung

Cara ini mungkin lebih menyenangkan untuk si kecil, Bunda bisa memberikan buah hati tempat untuk menabung seperti dompet atau celengan dengan gambar atau desain tokoh kartun favoritnya. Beberapa ahli menyarankan untuk memberikan 3 wadah berbeda untuk menempatkan uang, satu untuk tabungan, satu untuk belanja, dan satu lagi untuk beramal. Lalu bunda hanya perlu mengajarkan bagaimana membagi uang saku si kecil untuk mengisi 3 celengan tersebut.

  1. Perkenalkan Cara Tabungan di Bank

Bunda bisa mengajarkan buah hati bagaimana menabung di bank. Dengan cara bunda membuka rekening untuk anak pada saat anak berusia 8-9 tahun. Bunda juga harus mengajarkan dan membimbing si kecil untuk menabung di bank setiap bulannya.

  1. Berikan Contoh yang Baik

Buah hati dapat meniru perilaku kita sebagai orang tua dengan cepat. Oleh karena itu bunda harus memberikan contoh yang baik seperti memenuhi kebutuhan sesuai prioritas sebelum memenuhi keinginan. Ajarkan pula pada buah hati untuk membiasakan diri memenuhi kebutuhannya sebelum memenuhi keinginannya.

  1. Mengajarkan Untuk Bermurah Hati

Bunda dapat mengajarkan si kecil tentang uang dan mengajarkan si kecil tentang berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Dengan hal ini anak akan lebih bijak untuk menggunakan uang untuk tabungan, kepentingan diri, dan juga berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Diharapkan anak dapat memahami fungsi dari uang yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri melainkan mampu untuk memahami arti dari berbagi.

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)