Tips Pumping ASI Di Kantor

Tips Pumping ASI Di Kantor

Comments Off on Tips Pumping ASI Di Kantor

Di dunia kerja, tantangan menyusui tentu bertambah. Dulu mobilitas kerja tinggi dan sering lembur bukan menjadi masalah besar. Namun sekarang, manakala “memerah” dan “menyusui” tercatat di agenda, mobilitas kerja terlalu tinggi bisa menyulitkan kegiatan memerah. Namun, jika moms tau langkah-langkah tepatnya. Kegiatan pumping di kantor akan menjadi mudah. Beberapa langkahnya sebagai berikut : .

1. Siapkan peralatan pumping dengan lengkap
Sediakan nakibu breastpump sebagai alat perah, botol susu, cooling bag, cooling pack, bra menyusui dan baju ganti sebagai peralatan menyusui yang moms bawa ke kantor. Tak lupa juga jika dibutuhkan bawa juga nakibu nursing apron dengan motif lucu yang praktis moms bawa kemana-mana. Letakkan perlengkapan tersebut pada tas khusus. .

2. Komunikasikan dengan atasan dan rekan kerja atas kebutuhan anda untuk memerah ASI 
Dengan begitu, atasan dan rekan kerja akan memahami kondisi dan kebutuhan moms. Bahkan membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta beberapa hal yang mungkin akan membantu moms agar dapat pumping dengan nyaman.

3. Buat jadwal rutin
Moms dapat menyamakan jadwal memerah ASI dengan jadwal menyusu langsung yaitu pumping 2-3 kali setiap 3-4 jam. Jangan tunggu hingga payudara terasa penuh, karena dapat meningkatkan risiko payudara bengkak.

4. Cari tempat khusus selain kamar mandi 
Komunikasikan hal ini dengan atasan atau pihak yang berwenang di kantor moms. Mereka dapat merekomendasikan atau menyediakan tempat khusus. Bila moms nyaman menyusui di bilik tempat moms bekerja. Moms dapat menggunakan Nakibu Nursing Apron sebagai solusinya. Kain penutup yang dilengkapi oleh jaring-jaring ini membuat moms bisa mengkontrol hasil perah dengan baik serta memberi rasa aman dan nyaman saat pumping. Untuk menghindari hal-hal tidak terduga moms juga bisa beri tanda “Jangan diganggu” atau “Sedang menyusui” bila moms bekerja diruangan sendiri.

5. Pilih tempat penyimpanan ASIP dengan baik
Simpan hasil perah ASI tersebut ditempat yang tepat. Simpan ASIP di kulkas atau di cooler bag yang dilengkapi cooling pack. Sebab, ASIP yang tidak disimpan dengan baik dapat merusak kandungan dan manfaatnya.

6. Bekali diri dengan kemampuan memerah ASI dengan tangan 
Moms tetap dapat memerah ASI secara manual jika moms lupa membawa alat pumping ataupun saat alatnya sedang rusak. Caranya, pijat payudara dengan tangan yang sudah bersih. Pijat payudara dengan gerakan memeras. Sedikit menggoncangkan payudara sambil tubuh menyorong ke depan juga dapat memudahkan ASI untuk mengalir.

7. Hindari stress 
Karena stres hanya akan menghambat produksi ASI. Nikmati waktu pumping moms dengan sebaik mungkin. Lakukan hal-hal menyenangkan seperti mendengarkan lagu kesukaan moms atau menonton video tingkah lucu Si Kecil.

Berikut itu tadi beberapa langkah yang bisa moms lakukan agar kegiatan pumping di kantor bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat mencoba Moms!

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)