Tumbuh Kembang Anak Optimal Dengan Perut Sehat

Tumbuh Kembang Anak Optimal Dengan Perut Sehat

No Comments on Tumbuh Kembang Anak Optimal Dengan Perut Sehat

Tahukah bunda perut adalah ‘otak kedua’ bagi tubuh manusia. Jadi, sudah menjadi keharusan kita orangtua untuk mengenali manfaat dan kehebatan perut sehat untuk anak.

Sering kita jumpai permasalahan perut dan pencernaan dapat menjadi akar penyebab masalah kesehatan lainnya termasuk otak dan kesehatan mental.

Selain itu, ada banyak hal yang bisa mendatangkan bahaya pada system pencernaan anak. yuk kita pahami terlebih dahulu apa saja kehebatan perut sehat untuk mendapatkan keseimbangan dan kesehatan tubuh yang optimal :

  1. Pencernaan Nyaman

Anak memiliki pencernaan yang nyaman saat, makanan yang dikonsumsi mudah dicerna, sehingga mencegah gangguan pencernaan pada anak.

Pada saat saluran pencernaan berfungsi dengan baik, anak dapat menyerap nutrisi makanan dengan optimal, dan dapat memberikan pertahanan tubuh dan toleransi pada makanan yang dimakannya.

Nah, jika anak tidak nyaman dengan pencernaannya tandanya adalah anak terlihat rewel, muntah, menangis, dan gangguan defekasi atau gangguan pada proses pengeluaran tinja.

 

  1. Pencernaan Lancar

Buang Air Besar yang rutin dengan konsistensi tinja yang lembut menjadi salah satu tanda pencernaan yang lancar pada anak.

Selain itu, pola BAB dipengaruhi pola makan dan usia. Anak yang mengkonsumsi cukup serat umumnya memperlihatkan pola BAB yang baik.

 

  1. Penyerapan Nutrisi

Dengan pencernaan yang baik, nutrisi yang bermanfaat dapat terserap dengan baik pula. Hal ini menjadi oin penting karena perut anak yang kecil membutuhkan kalori yang besar untuk memenuhi pertumbuhannya yang pesat.

Untuk itu penting memilih makanan yang padat nutrisi dan mudah diserap oleh pencernaan anak. Saat usia anak siap untuk mengkonsumsi makanan padat, system pencernaannya akan mengalami perubahan sesuai kematangan fungsinya dan menghasilkan berbagai enzim untuk kemudahan mencerna makanan.

 

  1. Perlindungan Alami

Pertahanan alami pada tubuh anak dimulai dari usus yang sehat, lebih dari 70% sel-sel kekebalan tubuh berada di usus. Usus atau saluran cerna yang sehat dipengaruhi oleh makanan dan mikroorganisme di dalamnya.

Sebagai pelindung alami, saluran pencernaan yang sehat melindungi anak dari kerusakan yang mungkin terjadi akibat factor dari luar seperti virus, bakteri, dan parasite. Dan dari factor dalam tubuh seperti autoimun dan kanker.

 

  1. Tumbuh Kembang Optimal

Semua nutrisi yang masuk kedalam tubuh anak akan diserap oleh usus, yang akan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal

Tentu saja dengan saluran pencernaan yang sehat tubuh anak akan mampu menyerap zat nutrisi yang penting dan membanntu tubuh berinteraksi dengan otak dan melindungi anak dari berbagai macam infeksi.

 

  1. Cepat Tanggap

Keterlibatan saluran pencernaan terhadao perkembangan otak sudah banyak dikaji oleh para ahli. Hasilnya, peran microflora baik (bakteri bifido atau lactobacillus) didalam usus dapat mempengaruhi fungsi otak.

Mikroflora baik tersebut juga dapat mempengaruhi system saraf untuk melepaskan neurotransmitter yang memberikan sinyal ke otak. Jumlah neurotransmitter ini kemudian berperan dalam kecepatan otak untuk memberikan respon terhadap rangsangan yang diterima.

Saluran pencernaan yang sehat juga termasuk memberikan makanan yang sehat pula untuk otak. Oleh sebab itu mengapa kita menyebut usus sebagai ‘otak kedua’.

 

  1. Menjaga Suasana Hati

Suasana hati yang baik disebabkan oleh hormone serotine, nah dan hormone ini 95% berada di dalam saluran pencernaan.

Hormone serotine ini adalah neurotransmitter utama yang dihasilkan oleh saluran pencernaan, sehingga otak akan mendapat sinyal untuk memperbaiki suasan hati, selera makan, tidur, dan daya ingat yang kuat.

Selain hormone tersebut, microflora salulan pencernaan ini juga dapat mempengaruhi pengiriman sinyal ke otak, sehingga dapat meningkatkan kondisi mental, emosional, dan kognitiff anak.

 

Nah bunda, sudah tahu kan perut sehat dapat meberikan kehebatan seperti diatas? Nah apa yang akan dilakukan seteleh mengetahui kehebatannya?

 

Salah satu caranya adalah bunda bisa memberikan anak nutrisi yang terbaik lewat asupan makanannya. Saat bunda ragu akan makanan dan minuman apa ang baik dan buruk untuk anak, jangan ragu untuk berkonsultasi ke ahlinya ya bunda.

 

Untuk bunda-bunda yang sedang mencari cemilan dan makanan sehat untuk si kecil. Yuk coba Rufani Snack MPASI, terbuat dari teri Istimewa, diolah denganteknologi tinggi, non MSG, non gula, dan non pengawet. Jadi aman untuk si kecil, Rufai snack ini juga banyak menngandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

About the author:

Related Posts

Leave a comment

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)