Waspadai Hair Tourniquet Syndrome!

Waspadai Hair Tourniquet Syndrome!

Comments Off on Waspadai Hair Tourniquet Syndrome!

Hair tourniquet syndrome adalah kondisi dimana sehelai rambut atau benang melilit bagian tubuh bayi seperti tangan, kaki, sehingga menghambat sirkulasi darah dan membuat anggota tubuh yang terjerat rambut akan bengkak dan membiru.

Bayi memiliki kulit yang tipis dibandingkan dengan  orang dewasa, bagian tubuh seperti jari tangan dan jari kaki yang sangat kecil. Jika bunda memiliki bayi yang suka bermain rambut atau benang waspadai hair tourniquet syndrome ini!

Apa Itu Hair Tourniquet Rambut (HTS)?

HTS adalah ketika sehelai rambut atau sehelai benang melilit diantara jari kaki atau jari tangan bayi, atau bahkan pada penis bayi dimana sehalai rambut atau benang tersebut melilit erat sehingga sulit dilepaskan.

Penyebabnya bisa dari rambut ibu atau pengasuh, atau bahkan sehelai benang dari pakaian yang kemudian melilit bayi pada saat bayi bergerak.

Kondisi menjadi lebih buruk saat jari yang terlilit rambut begitu ketat sehingga bisa melukai kulit bayi dan menghambat sirkulasi darah.

HTS juga bisa terjadi pada bayi yang sedang tidur, biasanya dibawah selimut atau sprei yang digunakan. Biasanya selimut atau sprei yang benangnya terlepas dari jahitan dan berpotensi melilit jari bayi.

Dr. Debi Gillboa mengatakan, HTS adalah salah satu risiko yang harus dihadapi oleh orangtua dengan anak yang masih bayi atau balita. Meski banyak orangtua yang belum mengetahuinya.

“HTS juga hal yang diajarkan kepada para doketer anak yang sedang magang, jika bayi tidak bisa dibuat diam”.

Oleh karena itu, yuk untuk bunda kita cermati tanda-tanda HTS berikut ini :

Tanda-tanda Hair Tourniquet Syndrome

  • Bayi tiba-tiba rewel dan tidak bisa ditenangkan. Karena bayi biasanya memakai kaos kaki, jadi bila jari kaki terlilit rambut atau benang tidak akan terlihat penyebab mengaoa bayi rewel dan terlihat kesakitan.
  • Jari kaki atau tangan membengkak. Hal ini karena sirkulasi darah terhenti hingga membuat jari yang terlilit menjadi bengkak dan membiru.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi Hair Tourniquet Syndrome

  • Jika bayi menangis tanpa alasan yang jelas, dan bukan seperti kebiasaannya. Buka lah semua pakaian bayi, kemudian periksalah tubuh bayi dengan teliti pada seluruh anggota tubuhnya. Bahkan di area kemaluan si kecil untuk memastikan tidak ada benang atau rambut yang terlilit di anggota tubuh terkecil bayi.
  • Jika bunda menemukan rambut atau benang yang terlilit di jarinya, pakailah gunting atau benda lain untuk melepaskan jari bayi dari lilitan rambut atau benang. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak melukai bayi bunda.

“gunakan sesuatu seperti jepit rambut yang tipis dan tidak tajam, selipkan diantara rambut dan kulit bayi, lalu angkat rambut yang melilit secara perlahan”. Saran dr. Gilboa menyarankan.

  • Jika bunda merasa bahwa rambut yang melilit di jari si kecil terlalu ketat, atau sudah tampak masuk ke kulit bayi, jangan ragu untuk langsung membawanya ke dokter ya bunda.

Mencegah Hair Tourniquet Syndrome

  • Selalu periksa dengan teliti setiap pakaian untuk mengetahui apakah ada benang yang muncul atau tidak, sebelum memakaikannya pada bayi.
  • Hati-hati menggunakan pakaian yang benangnya mudah lepas.
  • Jika bayi suka bermain rambut, pastikan untuk mengecek jari-jarinya untuk melihat apakah ada rambut ditangannya. Selain HTS ada kemungkinan bayi akan tersedak rambut.
  • Saat memandikan bayi, perhatikan seluruh anggota badannya secara cermat dan menyeluruh. Sehingga jika bunda menemukan kejanggalan pada tubuh bayi, bunda bisa segera mengatasinya sebelum menjadi semakin parah.

Selalu perhatikan disekeliling bayi untuk selalu memastikan keamanan dan kenyamanan si kecil ya bunda. Semoga bermanfaat bunda.

About the author:

Related Posts

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)