Yang Bakal Terjadi Pada Ibu Malnutrisi Menyusui

Yang Bakal Terjadi Pada Ibu Malnutrisi Menyusui

Comments Off on Yang Bakal Terjadi Pada Ibu Malnutrisi Menyusui

Tak terpungkiri terhadap satu kenyataan yang membahagiakan, seorang ibu menyusui dengan masalah gizi ternyata tetap mampu memproduksi ASI secara normal. Namun, kondisi malnutrisi yang ekstrim dan berkepanjangan dapat mempengaruhi kandungan beberapa zat yang terdapat dalam ASI, merugikan kesehatan ibu dan beberapa hal dibawah ini yang dapat terjadi terkait produksi & kualitas ASI :

  1. Mengalami dehidrasi berat yang dapat menurunkan produksi ASI

Asupan cairan sangat diperlukan selama laktasi, Dianjurkan ibu menyusui minum 2-3 liter per hari, dalam bentuk air putih, jus buah dan susu

  1. Mengambil nutrisi terbaik yang tersedia dari jaringan tubuh Ibu

Hal ini terjadi jika asupan yang dikonsumsi ibu menyusui lebih rendah dari kebutuhan tubuh ibu dan kebutuhan untuk memproduksi ASI tak hanya mengambil nutrisi terbaik yang tersedia dalam jaringan tubuh ibu tetapi juga mengambil  beberapa mikronutrient kandungannya akan lebih rendah dalam ASI seperti Vitamin B6, Vitamin B12.

  1. Kondisi Ibu menyusui dengan malnutrisi berat atau dalam jangka panjang, produksi ASI nya akan menurun secara perlahan

Ibu menyusui yang memiliki asupan energi <1500 kcal per hari dapat menurunkan produksi ASI sebesar 15%. Kandungan total lemak pun akan menurun disertai dengan perubahan pola asam lemak yang ada. Komponen imun dalam ASI (juga kolostrum) kuantitasnya akan rendah seiring dengan semakin buruknya status nutrisi ibu.

 

Itulah pengaruh yang akan terjadi pada ibu malnutisi jangka panjang yang menyusui, Sebagai ibu yang cerdas kita harus cermat serta mau berusaha memperjuangkan hak buah hati kita yaitu ASI, apapun kondisinya bagaimanapun kita harus tetap memberikan ASI sebagai sumber kehidupan pertamanya, kebutuhan bayi kita untuk bertahan hidup dengan menjaga pula asupan ibu agar produksi ASI tetap lancar dan terkendali

Jadi, buk-ibuk semua… tetap berusahalah perbaiki dan jaga asupan makanan serta minuman yang ibu konsumsi agar gizi dan nutrisi dalam tubuh terpenuhi, Pastikan juga dapat membantu proses menyusui atau memperlancar asi. Salah satu contohnya ASI Booster Tea, dengan kandungan bahan herbal, ASI Booster Tea dapat membantu memperlancar ASI. ASI Booster Tea juga dapat dicampur dengan madu atau dijadikan minuman olahan lain yang sesuai dengan selera.

 

Keep Calm And Breastfeeding

Fighting Mom J

 

Salam ASI,

Info lengkap mengenai ASI dan Menyusui silahkan googling dan kunjungi website kami www.nakibu.com dan www.asi.web.id

About the author:

ASI Wajib 2 Tahun!

" Rekomendasi WHO dalam World Health Assembly Resolution 54.2, 2001 menyebutkan ASI minimal 2 tahun & MPASI setelah 6 bulan"

Nakibu.com diasuh oleh:

★ Fahmi nurul akbar (penulis, founder herba farmindo - asi booster tea)
★ Rainami (apoteker, tim farmasi herbafarmindo)
★ Li partic (konselor laktasi, penulis, herbalist)

ASI Booster Tea

Melancarkan ASI dalam 24-72 jam. yuks jadi agennya!
hubungi (retail & grosir) :
082302501966
081808544417
085749247620

Back to Top

Please wait...

Yuks, berlangganan informasi gratis!

Masukkan email anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Parenting, ASI, dan Menyusui. Gratis!!! (Informasi data pribadi dijamin aman dan tidak disalahgunakan)